Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home global news detail berita

Pesan Haedar Nashir di Awal 2024: Sebarkan Kerahmatan Islam

tim langit 7 Selasa, 02 Januari 2024 - 15:00 WIB
Pesan Haedar Nashir di Awal 2024: Sebarkan Kerahmatan Islam
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. Foto/dok
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir berharap, pergantian tahun baru masehi dirayakan dengan mengambil jarak dari suatu yang bersifat euforia dan fatamorgana.

Pergantian tahun seyogyanya dirayakan dengan cara bermuhasabah, termasuk menjauhkan diri dari kesenangan yang sifatnya fatamorgana seperti materi, kekayaan, kekuasaan, dan jabatan.

Kepada Umat Islam, Haedar berpesan supaya tahun baru dijadikan ajang untuk bermuhasabah dalam aktualisasi menyebarkan kerahmatan Islam bagi seluruh alam. Peran-peran yang diambil Umat Islam harus dirasakan secara substansial.

“Bahkan mungkin juga kesenangan politik yang kehilangan makna, substansi, sesuatu yang bersifat mendasar dan mendalam yang disinari oleh jiwa ajaran Islam kita,” kata Haedar dikutip Selasa (2/'1/2024).

Baca juga:Tawuran, Bullying dan Kekerasan Seksual Masih Jadi PR Besar Pendidikan

Bahkan dalam beragama oleh Haedar diminta supaya umat Islam melakukan muhasabah. Sebab bisa terjadi beragama yang dilakukan oleh umat Islam belum secara substansi, hanya pada kulit luar saja, hanya melaksanakan rukun syariat.

“Salat lima waktu, ditambah salat sunnah dalam berbagai jenis, tetapi salatnya hanya salat syariat semata ?,” ungkap Haedar.

Ibadah salat yang rutin ditunaikan oleh Umat Islam jangan hanya menjadi rutinitas mengejar setoran dan menggugurkan kewajiban, tetapi nihil pantulan kebaikan dari setiap salat yang dilakukan itu.

“Kita perlu muhasabah agar salat kita tidak hanya mengejar setoran tapi juga khusyuk dan tahtinah,” tutur Haedar Nashir.

Selain perintah menjalankan ibadah salat, Haedar juga mengingatkan perintah lain yang sering terlupakan oleh Umat Islam, yaitu memperkuat ekonomi dan politik. Hematnya, antara salat dan urusan muamalah duniawiyah tersebut harus seimbang.

Akan tetapi urusan muamalah tersebut, khususnya dalam politik tidak semata urusan dukung mendukung salah satu paslon. Tetapi lebih dari itu, aktualisasi muamalah umat Islam harus disertai pemaknaan dan memiliki nilai substantif.

Pada kesempatan ini Haedar juga mengajak kepada seluruh komponen persyarikatan menyerukan nilai-nilai kebaikan dan kemajuan. Pasalnya, nilai kebaikan dan kemajuan ini sifatnya universal dan bisa diterima di semua kalangan.

“Agar itu menjadi nilai yang hidup secara kolektif, bersama-sama, sekaligus juga menjadi sistem kehidupan,” katanya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan