Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Dua Mahasiswa UINSA Raih Deans List dari Buffalo State University Amerika

tim langit 7 Rabu, 03 Januari 2024 - 17:00 WIB
Dua Mahasiswa UINSA Raih Deans List dari Buffalo State University Amerika
Dua peserta MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) 2023 dari Uinsa Surabaya meraih penghargaan Deans List, yaitu Jennie Nabilah dan Dewinta Zahwa Nabila.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Dua peserta MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) 2023 kembali meraih penghargaan Dean's List. Mereka adalah Jennie Nabilah dan Dewinta Zahwa Nabila.

Keduanya tercatat sebagai mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Mereka berdua meraih penghargaan Dean's List hasil kuliah satu semester di Buffalo State University, Amerika.

MOSMA adalah program beasiswa yang diadakan oleh Kementerian Agama bekerja sama dengan Kementerian Keuangan. Program ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) untuk mengikuti kuliah selama satu semester di luar negeri.

Dean’s List adalah penghargaan yang diberikan oleh Dekan Fakultas di Buffalo State University kepada mahasiswa berdasarkan kualitas kinerja akademik mereka. Untuk bisa mendapat penghargaan ini, mahasiswa harus memperoleh nilai rata-rata semester 3,5 atau lebih. Mereka juga harus menyelesaikan studi minimal 12 SKS.

”Saya sangat bersyukur bisa lolos MOSMA dan mendapat negara tujuan Amerika. Sehingga saya bisa mempelajari matematika dengan tools baru di sana, terlebih saya adalah satu-satunya mahasiswa yang mempelajari matematika di Buffalo State,” terang Jennie Nabilah melalui pesan singkat, Selasa (2/1/2024).

Baca juga: Unesa Undang 4.000 Alumni Reuni Akbar, Doorprize 5 Paket Umrah

Jennie Nabilah adalah mahasiswa semester 5 program studi Pendidikan Matematika di UINSA. Dia mengaku sangat antusias mempelajari matematika di Amerika.

Menurutnya, belajar di kelas Applied Statistics dan Mathematical Biology, memberikan kesan bahwa matematika sebetulnya dekat dengan kehidupan manusia. Matematika juga relevan dengan kehidupan, tidak hanya pada periode ini, tapi juga bisa memperhitungkan hal-hal ilmiah di periode mendatang.

”Saya sangat menyukai mata kuliah Mathematical Biology. Saat itu saya menggunakan software bercampur sedikit coding untuk membuat pemodelan matematika tentang populasi makhluk hidup dari manusia hingga penyebaran virus seperti covid-19. Saya kagum! Ternyata matematika bisa seberkembang ini,” tutur Jennie.

Hal senada disampaikan Dewinta Zahwa Nabila yang akrab dipanggil Nabila. Dia adalah mahasiswa semester 5 program studi Hubungan Internasional di UINSA. Dia juga mengaku sangat bangga mendapat kesempatan ini.

”Kesempatan kuliah di negara Amerika membuat saya belajar tentang berbagai isu dan kegiatan di Eropa juga, seperti tentang isu politik, ekonomi, dan sebagainya. Sehingga saya mendapat banyak perspektif,” sebut Nabila.

”Tidak hanya mempelajari yang selinier dengan program studi, kampus ini juga memiliki mata kuliah yang dekat dengan life skill, seperti Creative Leadership,” imbuh Nabila.

Jennie Nabilah dan Dewinta Zahwa Nabila menjalani proses perkuliahan Fall Semester di Buffalo State. Jennie dengan background matematikanya memperoleh GPA 3.83. Nabila dengan lingkungan hubungan internasionalnya memperoleh GPA 4.00. Dengan GPA yang tinggi, Jennie dan Nabila memperoleh penghargaan Dean’s List.

”Alhamdulillah, tidak menyangka akan memperoleh hasil ini. Kami hanya berusaha tekun dan menyerap semua ilmu yang didapatkan di Buffalo State,” tutur Jennie.

”Kami berharap, hal ini menjadi motivasi untuk teman-teman UINSA lainnya, dan menyusul kami sebagai MOSMA Awardee angkatan berikutnya,” tutup Nabila.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan