Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Sekolah Bergengsi di Inggris Digugat Siswa Muslim karena Larangan Shalat

esti setiyowati Jum'at, 19 Januari 2024 - 14:00 WIB
Sekolah Bergengsi di Inggris Digugat Siswa Muslim karena Larangan Shalat
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Sekolah bergengsi di London, Inggris, Michaela Community School menghadapi gugatan dari seorang siswa Muslim atas kebijakan yang melarang ritual shalat.

Penggugat, yang tidak dapat disebutkan namanya, menilai kebijakan sekolah bersifat diskriminatif dan secara mendasar melanggar haknya atas kebebasan beragama.

Pada sidang Selasa lalu, murid tersebut menggambarkan larangan sebagai “seperti seseorang yang mengatakan bahwa ia merasa tidak pantas berada di sini”.

Mewakili murid tersebut, pengacara Sarah Hannet KC mengatakan kepada pengadilan, setengah dari 700 siswa Michaela adalah muslim dan kebijakan tersebut berdampak mereka kesulitan untuk beribadah.

“Efek praktis yang hanya menghalangi umat Islam untuk melaksanakan salat, karena salat mereka pada dasarnya bersifat ritual, bukan bersifat internal," kata Hannet, sepeti dikutip The National News, Jumat (19/1/2024).

Baca juga:Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H Jatuh pada Senin Pahing 11 Maret 2024

Bahkan pada Maret tahun lalu, lanjut Hannet, sekitar 30 siswa terpaksa shalat di halaman sekolah yang basah dan kotor, menggunakan blazer sebagai alas karena tidak diizinkan membawa sajadah.

Diketahui sekolah tersebut dikepalai oleh Khatarine Birbalsingh, eks menteri mobilitas sosial pemerintah. Ia juga mendapat julukan sebagai
"Kepala Sekolah Terketat di Inggris".

Pengacara sekolah, Jason Coppel KC, menilai sekolah tersebut telah menjadi sasaran kampanye Islamophobia dan menananggapi klaim bahwa ada bom di tanam di sekolah.

Namun setelah perdebatan di media, hakim Thomas Linden memutuskan bahwa sidang pengadilan harus diadakan di depan umum dan sekolah juga kepala sekolah dapat diungkapkan.

Pengadilan sudah mendengar bahwa sekolah menjadi sasaran ancaman kekerasan, pelecehan dan tuduhan palsu.

Pengadilan juga mendengar bahwa Birbalsingh khawatir peliputan sidang akan menimbulkan risiko fisik yang serius bagi komunitas sekolah.

Linden mengatakan sekolah telah menerima pelecehan yang “memalukan” namun memutuskan bahwa mendengarkan kasus tersebut di depan umum tidak akan menimbulkan risiko bagi staf sekolah.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan