Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 16 April 2024
home global news detail berita

Muhammadiyah dan Zhenghe Forum Berencana Dirikan Museum Palestina di Indonesia

tim langit 7 Jum'at, 19 Januari 2024 - 23:00 WIB
Muhammadiyah dan Zhenghe Forum Berencana Dirikan Museum Palestina di Indonesia
Muhammadiyah dan Zhenghe Forum berencana mendirikan museum Palestina di Indonesia
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyambut baik rencana kerja sama yang dibangun dengan Zhenghe Forum untuk mendirikan Palestine Holocaust Museum.

Sambutan baik tersebut disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah, Syafiq Mughni yang menemani kunjungan Prof. Haiyun Ma, bersama dengan Saad Ibrahim ke Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang diterima Rektor Ma’mun Murod.

Kunjungan yang dilakukan dalam rangka dialog dan meninjau rencana lokasi Museum Palestina pada Rabu (17/1) tersebut, Syafiq menyampaikan apresiasi gagasan pendirian museum tersebut.

Di UMJ, kata Syafiq, jika memungkinkan ada ketersediaan ruang akan digunakan untuk tahap awal membangun museum yang representatif. Bahkan Ma’mun Murod menyebutkan beberapa titik untuk lokasinya.

Baca juga:Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H Jatuh pada Senin Pahing 11 Maret 2024

Syafiq Mughni yang juga aktivis kemanusiaan internasional ini berharap, gagasan pendirian Palestine Holocaust Museum akan berdampak pada bertambahnya dukungan dan meningkatkan komitmen kemanusiaan untuk kebebasan dan kemerdekaan Palestina.

Dia berharap, Prof. Haiyun akan membantu mempromosikan museum ini pada masyarakat internasional. Sehingga semakin banyak yang terlibat dalam pembangunan, agar museum segera mungkin direalisasikan.

“Kerja sama ini dirintis antara Zhenghe Forum dengan Muhammadiyah untuk mengembangkan museum itu. Kami berkunjung ke UMJ untuk melihat kemungkinan ketersediaan sebuah ruangan yang bisa digunakan sebagai tahap awal,” kata Syafiq dikutip dari laman Muhammadiyah, Jumat (19/1/2024)

Sementara itu, Prof. Haiyun Ma yang merupakan Guru Besar dari Frostburg State University, Maryland menyampaikan harapan kepada Muhammadiyah. Bahwa organisasi ini dapat menjadi bagian penting dari Zhenghe Forum, yaitu organisasi yang mempromosikan nilai perdamaian Islam.

Khususnya dalam waktu dekat, Zhenghe Forum ingin menggandeng Muhammadiyah untuk mendirikan Palestina Holocaust Museum. Di mana museum itu ditujukan untuk mengingat perjuangan Palestina dan mengedukasi masyarakat.

“We hope UMJ can initiate the first the Palestine Holocaust Museum and Muhammadiyah can establish the project,” harap Prof. Haiyun.

Sebagai informasi, Zhenghe Museum merupakan organisasi yang berkantor di Amerika Serikat dengan fokus gerakan pada isu hubungan Cina-Muslim dunia. Sementara itu, Prof. Haiyun Ma merupakan peneliti yang memiliki minat dalam kajian sejarah Islam di Tiongkok.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 16 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:56
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan