Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Unipdu Jombang Serukan Pemilu Damai dan Tolak Politik Praktis

tim langit 7 Selasa, 06 Februari 2024 - 05:00 WIB
Unipdu Jombang Serukan Pemilu Damai dan Tolak Politik Praktis
Civitas akademika Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang menggelar Deklarasi Pemilu Damai dan Tolak Politik Praktis di lingkungan kampus, Senin (5/2/2024).
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Civitas akademika Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang menggelar ‘Deklarasi Pemilu Damai dan Tolak Politik Praktis", Senin (5/2/2024).

Ratusan mahasiswa memadati meeting room Kampus Unipdu. Nampak hadir di tengah-tengah mahasiswa yakni Wakil Rektor Kemahasiswaan Unipdu Jombang Dr. Mujianto Sholihin dan Kepala Biro Kemahasiswaan Bakri Ilyas M.Pdi.

Di hadapan mahasiswa, Dr. Mujianto Sholihin membacakan maklumat rektor terkait dengan konstelasi politik yang semakin meninggi dengan eskalasi yang semakin mengkhawatirkan, terutama perdebatan dan pertentangan mengenai pilihan calon presiden.

“Agar sivitas akademika Unipdu sebagai bagian dari masyarakat secara aktif turut serta menjaga situasi dan kondisi terutama apabila mengarah ke hal-hal yang provokatif dan intimidatif. Unipdu sebagai lembaga akademik sangat menghargai perbedaan dan kebebasan berpendapat terutama terkait perpolitikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Baca juga:UIN Jakarta Keluarkan 6 Pernyataan Sikap Jelang Pemilu 2024

Mujianto menegaskan, sebagaimana amanat konstitusi, Unipdu sangat menghargai dan menjunjung tinggi keberagaman pilihan politik dan pilihan capres, namun harus menghindari kampanye hitam terhadap calon presiden atau pihak lain.

Selain itu juga menghindari penyebaran informasi hoax dan berita-berita yang belum terverifikasi kebenarannya dan tidak diketahui sumbernya.

“Kami mengajak agar kita semua menjaga atmosfir akademik yang sehat dalam bingkai kebebasan mimbar akademik yang bertanggung jawab. Marilah kita bersama semua unsur masyarakat senantiasa menjaga silaturahim dan persaudaraan serta bersikap dewasa menerima perbedaan pilihan politik dalam suasana kekeluargaan," tambahnya.

Tak hanya jajaran rektorat, di penghujung acara mahasiswa juga menyerukan ikrar pemilu damai. Di antaranya masyarakat agar menjadi pemilih cerdas dan kepada partai politik dan capres untuk tidak menyerukan hal hal negatif dan menjatuhkan satu sama lain.

Mahasiswa juga menyuarakan agar ASN, TNI dan Polri tetap netral dan bekerja sesuai dengan porsinya, mengimbau agar tidak mudah menerima berita hoax dan mendukung penuh KPU untuk mensukseskan pemilu damai

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan