Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home masjid detail berita

Turki Bakal Ubah Gereja Ikonik Era Bizantium Jadi Masjid

nabil Senin, 12 Februari 2024 - 20:00 WIB
Turki Bakal Ubah Gereja Ikonik Era Bizantium Jadi Masjid
Sebuah gereja Ortodoks Yunani era Bizantium abad pertengahan di ?stanbul yang telah menjalani restorasi selama beberapa tahun akan dibuka sebagai masjid pada 23 Februari 2024
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Dilansir dari Turkish Minute, Senin (12/2/2024), harian pro-pemerintah Yeni ?afak melaporkan bahwa sebuah gereja Ortodoks Yunani era Bizantium abad pertengahan di Istanbul yang telah menjalani restorasi selama beberapa tahun akan dibuka sebagai masjid pada 23 Februari 2024, hal ini sejalan dengan keputusan yang dikeluarkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdo?an pada tahun 2020.

Gereja tersebut bernama Gereja St. Juru Selamat (Saviour) dalam bahasa Chora dan “Kariye” dalam bahasa Turki, dimana pada Agustus 2020 Erdo?an sempat membuat keputusan presiden yang mengharuskan Gereja yang berlokasi di lingkungan Fatih di Istanbul ini dialihkan ke Direktorat Urusan Agama untuk dibuka sebagai masjid, dimana sebelumnya digunakan oleh Kementerian Pendidikan sebagai museum.

Sebagai informasi, gereja tersebut sempat berfungsi sebagai masjid selama era Ottoman setelah penaklukan ?stanbul pada tahun 1453. Kemudian gereja ini diubah menjadi museum berdasarkan keputusan Kabinet pada tahun 1945 setelahnya.

Gereja tersebut terletak di dekat tembok kota kuno ?stanbul, terkenal dengan mosaik dan lukisan dindingnya yang rumit. Bangunan ini dibangun pada abad keempat, meskipun bangunannya mulai terlihat seperti pada abad ke-11 hingga ke-12.

Baca juga:Saudi Bukan Pendaftaran Haji 2024 Khusus Domestik

Setelah sempat menjadi museum, pengadilan Turki pada 2019 mengubah status gereja tersebut menjadi masjid.

Pengalihfungsian Gereja Chora sempat tertunda, dikarenakan pada Juli 2020, Erdo?an mengeluarkan dekrit lain yang memperkirakan konversi Hagia Sophia, sebuah katedral ikonik dengan sejarah lebih dari 1.500 tahun, dari museum menjadi masjid. Langkah ini sempat menuai kritik internasional.

Yeni ?afak menyatakan bahwa selama restorasi Gereja Chora, mosaik dan lukisan di dindingnya telah dilestarikan, dan lantainya ditutupi dengan karpet wol khusus yang memungkinkan umat islam untuk melaksanakan ibadah salat.

Di lain pihak, Kementerian Luar Negeri Yunani mengecam keras upaya Turki untuk membangun Gereja Chora, mengatakan bahwa pemerintah Turki "sekali lagi secara brutal menghina karakter" situs Warisan Dunia PBB lainnya.

Kementerian itu menyatakan, “Ini adalah sebuah provokasi terhadap semua orang yang beriman.” “Kami meminta Turki untuk kembali ke abad ke-21, dan saling menghormati, berdialog, dan memahami antar peradaban.”

Dengan melakukan tindakan tersebut, kritikus menuduh Presiden Erdo?an berusaha menarik dukungan pemilih konservatif dan nasionalis. Mereka mengklaim bahwa mengubah lokasi bersejarah tempat tinggal umat Kristiani menjadi masjid merupakan tindakan yang tidak hormat dan menempatkan situs bersejarah tersebut dalam bahaya kerusakan. Sebagai pengakuan atas warisan multi-agama di Istanbul, mereka meminta Turki untuk menjaga situs bersejarah seperti museum

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan