Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Saudi Luncurkan Fakultas Seni Pertama di Riyadh

nabil Selasa, 13 Februari 2024 - 16:00 WIB
Saudi Luncurkan Fakultas Seni Pertama di Riyadh
Kementerian Kebudayaan Saudi bersama dengan Universitas King Saud melakukan kemitraan strategis dengan meluncurkan fakultas seni
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kementerian Kebudayaan Saudi bersama dengan Universitas King Saud melakukan kemitraan strategis dengan meluncurkan fakultas seni. Kampus ini menjadi yang pertama memiliki jurusan yang berfokus di bidang seni.

Dilansir dari Saudi Gazette, Wakil Menteri Kebudayaan Hamed Fayez, Rektor Universitas Dr. Badran Al-Omar, dan banyak penggemar seni dan budaya dari seluruh kerajaan menghadiri upacara peluncuran, yang diadakan di teater universitas tersebut.

Dalam pidatonya, Wakil Menteri Fayez menyatakan bahwa sekolah yinggi seni merupakan bukti komitmen Pangeran Badr Bin Abdullah Bin Farhan, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, terhadap pendidikan dan peran pentingnya dalam pengembangan sektor budaya dan pertumbuhannya di bawah visi 2030.

“Pada hari pertama saya di Kementerian Kebudayaan, Yang Mulia Menteri menekankan bahwa 'pendidikan adalah yang utama', dan sejak itu kami bekerja tanpa kenal lelah dengan ekosistem pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan program dan proyek guna membangun kapasitas budaya di berbagai tahap pembelajaran, mulai dari pendidikan sejak dini hingga menunjang tenaga profesional di dunia kerja,” ujar Fayez, dikutip Selasa (13/2/2024).

Baca juga:Pemuda Lintas Agama Deklarasi Siap Gunakan Hak Suara, Doakan Pemilu Damai

Peluncuran perguruan tinggi ini merupakan langkah untuk memajukan pendidikan tinggi kebudayaan di Saudi, yang diharapkan dapat memberikan dampak besar terhadap perkembangan kebudayaan nasional. Hal ini bertujuan untuk membangun jalur akademis yang penting bagi talenta kreatif dan bidang budaya pada umumnya.

Fayez melanjutkan, peluncuruan fakultas seni ini juga salah satu hasil awal dari upaya praktis yang dilakukan oleh universitas-universitas lokal untuk mencapai tujuan strategi kebudayaan nasional dan strategi pengembangan kemampuan budaya. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan membekali profesi budaya dengan individu-individu berketerampilan tinggi yang akan memimpin sektor ini mencapai targetnya.

Dalam peluncurannya, Fakultas Seni Universitas King Saud memiliki 3 jurusan, yakni desain, seni pertunjukan, dan seni visual. Menurut Fayez, peluncuran ini hanyalah awal dari kerja sama budaya dan ilmiah yang berkelanjutan dengan Universitas King Saud dan universitas nasional bergengsi lainnya.

Secara rinci ketiga jurusan tersebut memiliki fokus pembelajaran masing-masing, seperti jurusan desain yang fokus pada pengajaran desain grafis, mode, dan perhiasan. Kemudian jurusan seni pertunjukan menawarkan program di bidang teater, bioskop, dan ilmu musik. Sementara jurusan seni visual didedikasikan untuk mengajar percetakan, menggambar, patung, dan kaligrafi arab.

Sebagai informasi, pendirian Fakultas Seni ini merupakan salah satu dari beberapa proyek berdasarkan perjanjian kerja sama yang ditandatangani pada Desember 2021 antara Kementerian Kebudayaan dan Universitas King Saud.

Kemitraan ini melibatkan Kementerian dan lembaga kebudayaan seperti Komisi Mode, Komisi Warisan, Komisi Musik, Komisi Film, Komisi Seni Rupa, dan Komisi Teater dan Seni Pertunjukan sebagai lembaga keahlian.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan