Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home sosok muslim detail berita

Mengenal Mumpuni Handayayekti, Ustazah Ngapak yang Dinikahi Anak Kyai dari Temanggung

esti setiyowati Kamis, 09 Mei 2024 - 05:41 WIB
Mengenal Mumpuni Handayayekti, Ustazah Ngapak yang Dinikahi Anak Kyai dari Temanggung
Mumpuni Handayayekti baru saja menikah dengan Fitroh Nur Muhammad Hasan, anak ulama dari Temanggung, Jawa Tengah, Kyai Usman Ridho pada 25 April 2024 lalu.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Mumpuni Handayayekti atau dikenal dengan julukan Ustazah Ngapak, baru saja melepas masa lajang pada 25 April 2024 lalu.

Ustazah Mumpuni menikah dengan Fitroh Nur Muhammad Hasan, anak ulama dari Temanggung, Jawa Tengah, Kyai Usman Ridho dengan mahar uang Rp70.027.000.

Pesta pernikahan Ustazah Mumpuni dan Gus Fitroh di Desa Gentasari, Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, menjadi viral lantaran digelar selama empat hari empat malam.

Selain resepsi pernikahan, dua sejoli ini juga mengadakan pesta ngunduh mantu.

Baca juga:3 Tokoh Muslim Ini Getol Suarakan Anti-Kekerasan

Lalu siapa sosok Ustazah Mumpuni Handayayekti?

Ustazah Mumpuni merupakan pendakwah jebolan kompetisi ceramah Akademi Sahur Indonesia (AKSI) 2014.

Dalam menyampaikan dakwahnya, Ustazah Mumpuni memiliki ciri khas dengan logat medok Cilacap yang diselingi humor khas. Sehingga tak heran bila jamaah yang mengikuti tausiyahnya sering dibuat tertawa oleh perempuan kelahiran 26 September 1995 ini.

Meski seorang da'i namun Ustazah Mumpuni bukan berasal dari keluarga kyai atau ulama. Sang ayah berprofesi sebagai seniman di Cilacap.

Pun begitu, dari ayahnya pula Ustazah Mumpuni didorong untuk menjadi penceramah.

Bakat Ustazah Ngapak sebagai pendakwah sudah terlihat sejak ia duduk di bangku kelas 3 SD. Hal ini berawal dari aktivitasnya berceramah di depan pengajian ibu-ibu di lingkungannya.

Hal ini yang menjadi pemicu bagi Ustazah Mumpuni untuk belajar bagaimana tampil di hadapan publik.

Gaya dakwahnya makin moncer setelah ia kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto, atau saat ini menjadi UIN SAIZU Purwokerto.

Walaupun sudah dikenal masyarakat sebagai seorang penceramah, namun siapa sangka bila Ustazah Ngapak ini sempat mengecap hidup yang sulit.

Saat kecil, ia pernah berjualan es lilin dan menjadi penggembala kambing tetangga. Bahkan orang tuanya pernah kesulitan untuk membeli seragam sekolah hingga akhirnya dibelikan oleh seorang guru di sekolah dasar.

Masa sulit yang dijalani Ustazah Mumpuni saat kecil terbukti mampu menempa dirinya hingga menjadi seperti sekarang. Setelah menang di kompetisi AKSI 2014, Ustazah Mumpuni makin banjir panggilan untuk ceramah bahkan hingga ke mancanegara

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan