Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Hadist Nabi SAW: Muslimah Shalihah Adalah Perhiasan Terbaik Dunia

Fifiyanti Abdurahman Rabu, 23 November 2022 - 10:50 WIB
Hadist Nabi SAW: Muslimah Shalihah Adalah Perhiasan Terbaik Dunia
Ilustrasi muslimah shalihah. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Berdasarkan hadist Nabi SAW muslimah shalihal adalah perhiasan terbaik dunia. Seorang perempuan harus tahu bahwa hal itu mengalahkan perhiasan apapun.

Pendakwah sekaligus Guru SDIT Mutiara Insan, Ustadzah Siti Sumarni dalam kajian bertajuk Wanita Sebagai Perhiasan Dunia, Rabu (23/11/2022) merujuk pada hadist yang diriwayatkan imam Muslim.

Dari Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah." (HR. Muslim: 1467)

"Perhiasan merupakan sesuatu yang berharga tapi ternyata wanita solehah itu bisa mengalahkannya karena sebaik-baik perhiasan di dunia adalah wanita solehah, sehingga ini harus jadi bahan tafakur kita. Kira-kira kita menjadi perhiasan yang sebaik-baiknya atau malah perbuatan yang melalaikannya?" ujar Ustazah Siti dalam kajian virtual yang diikuti Langit7, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Tafsir Surat Al Ahzab Ayat 59, Keistimewaan Muslimah Berhijab

Dia mengatakan demikian karena wanita juga bisa menjadi fitnah, hingga ujian terutama bagi laki-laki. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan,
"Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita." (HR. Bukhari: 5096 dan Muslim: 2740)

"Kita bisa melihat sendiri bagaimana hal-hal bersumber dari perempuan, banyak yang silaturahim jadi putus karena ulah perempuan misalkan kalau sudah berumah tangga maka suami dilarang untuk bertemu dengan ibunya, keluarganya sehingga putus hubungan keluargaan. Atau banyak juga yang karena wanita, kaum laki-laki meraup harta dengan sebanyak-banyaknya tidak memperdulikan halal dan haram karena bujukan perempuan," katanya.

Melihat ini, Ustazdah Siti lantas mengajak untuk menyadari hal tersebut agar Anda sebagai wanita tidak menjadi perhiasan yang akan melalaikan tetapi justru yang akan mengekalkan. Salah satu caranya dengan menjadi wanita shalihah.

"Kenapa wanita solehah bisa menguntungkan? Karena pasti wanita yang solehah akan membantu suaminya atau akan membantu para laki-laki untuk selalu mengkaitkan dengan urusan akhirat. Bahkan Rasulullah Saw mengatakan bahwa wanita solehah itu merupakan anugerah terbaik dalam menyempurnakan agama," tuturnya.

Karena itu, berbahagia lah bagi para pria yang memiliki wanita solehah. Namun harus diingat, ini tidak hanya berlaku bagi wanita yang sudah menikah, tetapi juga termasuk remaja putri yang solehah sebab mereka adalah aset untuk orang tuanya.

"Untuk taat kepada Allah tidak harus selalu menikah dulu. Apapun itu, mau sebagai seorang anak, pelajar, ibu ataupun seorang Istri. Maka jadilah solehah yang lebih mengutamakan ketakutan kepada Allah. Dan wanita solehah akan selalu mengingatkan kehidupan akhirat," imbuh Ustazah Siti.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
4 uea
5 lansia
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan