Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home masjid detail berita

Inilah Makna Qurrota A'yun dalam Sebuah Doa

tim langit 7 Sabtu, 11 Mei 2024 - 11:00 WIB
Inilah Makna Qurrota A'yun dalam Sebuah Doa
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Setiap shalat fardhu, aqiqah, pernikahan atau pun hadir ke acara keamagaan, pasti jamaah mendengar Qurrota A'yun yang dibacakan oleh kiai saat berdoa.

Doa yang dimunajatkan tak lain berhadap dianugerahkan pasangan dan anak yang menyejukkan hati. Lewat ketaatannya, ia membahagiakan orang di sekitarnya.

Berikut firman-Nya.

وَالذِيْنَ يَقوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أزْوَاجِنَا وَدُرِّيَاتِنَا قُرَّةَ أعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إمَامًا (الفرقان: ٧٤)

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami dari pasangan-pasangan dan anak-anak keturunan kami Qurrota A'yun, dan jadikanlah kami pemimpin (Imam) bagi orang-orang yang bertakwa. (Al-Furqan: 74)

Mengutip NU Online, secara bahasa, Qurrota A'yun artinya menyejukkan mata dan menyenangkan hati dalam sebuah keluarga. Dalam tanda kutip, tidak hanya dari satu sudut pandang saja, tetapi mencakup seluruh sudut pandang.

Baca juga:Landasan Perintah Kurban dalam Al Quran dan Hadis

Atas nikmat, anugerah dan kebahagiaan yang diberikan Allah melalui pasangan dan generasi penerus, maksud menyenangkan hati dapat diartikan dalam berbagai sudut pandang yang luas, di antaranya:

1. Menyenangkan dari sudut pandang lahiriyah, seperti ucapan, tindakan, wajah, fisik, penampilan yang menarik hati dan tidak membosankan.

2. Menyenangkan dari sudut pandang pikiran yang sehat, seperti pendapat, ucapan, tindakan dan tidak bertentangan dengan akal.

3. Menyenangkan dari sudut pandang perasaan yang halus, seperti pendapat, ucapan, tindakan, penampilannya yang indah atau cocok dengan perasaan halus. Tidak kaku dan kasar.

4. Menyenangkan dari sudut pandang nilai dan syariat agama, seperti ucapan, tindakan, penampilan yang tidak bertentangan dengan syariat agama.

Keempat sudut padang yang didambakan oleh umat Islam. Tidak sekedar doa yang dimunajatkan, tetapi diikuti ikhtiar dan upaya nyata dari sebuah keluarga agar tercipta pasangan dan generasi yang Qurrota A'yun.

https://atid.me/00c3z7002245

Hakikat dari keluarga Qurrota A'yun adalah seluruh anggota keluarga berakhlakul karimah. Berikurt ciri-cirinya.

1. Pendapatnya selalu logis dan proporsional serta tidak bertentangan dengan rasio.

2. Ucapannya halus, lembut, sopan, tidak kaku, dan menggunakan kalimat thayyibah.

3. Perbuatannya mencerminkan sikap orang yang beriman, berilmu, berbudaya, beradab dan tidak menyimpang dari ajaran agama.

4. Penampilannya setiap hari selalu rapi, bersih, sehat, tidak membosankan dan tidak bertentangan dengan agama, tradisi dan kebudayaan yang berlaku.

Untuk mencapai keempat tersebut, pasangan dan anak kita diberi asupan ilmu agama. Karena ilmu agama menjadi pondasi, tiang, pijakan atau jembatan buat mereka agar menjadi pemimpin ibu rumah tangga dan anak yang bertakwa.

Jika keempat ciri itu diciptakan sejak dini dalam keluarga, mereka akan berproses menjadi anggota keluarga yang bertakwa seperti doa nabi.

https://atid.me/00c3z7002245

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan