Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home global news detail berita

Tanpa Visa Haji, Jamaah Terancam Deportasi dan Larangan Masuk Saudi 10 Tahun

tim langit 7 Senin, 13 Mei 2024 - 13:00 WIB
Tanpa Visa Haji, Jamaah Terancam Deportasi dan Larangan Masuk Saudi 10 Tahun
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi (KSA) kembali mengingatkan sanksi berat bagi jamaah haji yang tidak memiliki izin haji di sejumlah titik di wilayah Saudi selama musim haji berlangsung.

Kementerian Dalam Negeri KSA akan memulangkan (deportasi) jamah haji ilegal non-prosedural tersebut ke negeri asalnya karena melanggar hukum keimigrasian KSA. Mereka dilarang memasuki wilayah KSA dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan secara hukum yang ditetapkan otoritas KSA.

Kementerian Dalam Negeri KSA melarang lalu lintas orang tanpa izin haji di 7 tempat, yaitu Situs Suci, Daerah Tengah, Kota Makkah, Pusat Kendali Keamanan Sementara, Pusat Penyortiran, Pusat Kendali Keamanan, dan Stasiun Kereta Al-Haramain di Al-Rusaifa.

Baca juga:Menag Apresiasi Penambahan Fast Track Bagi Jamaah Haji Indonesia

Sanksi deportasi berlaku bagi jamaah yang menunaikan ibadah haji 1445 H/2024 M tanpa izin dari otoritas KSA. Seseorang cukup dianggap melanggar peraturan Kementerian Dalam Negeri KSA ketika kedapatan berada di tujuh tempat tersebut lama musim haji berlangsung, yaitu mulai 25 Dzulqa’dah 1445 H/2 Juni 2024 M sampai 14 Dzulhijjah 1445 H/20 Juni 2024 M.

Menteri Haji Saudi Tawfiq F Al-Rabiah menyatakan dalam jumpa persnya di Jakarta akhir April 2024 mengingatkan bahwa otoritas Arab Saudi melarang keras praktik haji tanpa prosedur legal.

Tahun 2024 ini, otoritas KSA memperketat soal aturan dan sanksi soal izin haji. Semua jamaah harus mengikuti prosedur formal yang telah ditentukan. “Semua pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mempromosikan haji tanpa visa legal itu tidak benar. Kami memerangi tindakan-tindakan dan proses ilegal tersebut,” kata Menteri Haji Saudi Tawfiq F Al-Rabiah dalam jumpa persnya bersama Menteri Agama RI Gus Yaqut, (30/4/2024).

Juru Bicara Kementerian Agama RI Anna Hasbie mengatakan, otoritas KSA tahun 2024 ini semakin memperketat aturan visa haji. Otoritas KSA sudah menyampaikan kepada Pemerintah RI terkait potensi penyalahgunaan penggunaan visa nonhaji tahun ini.

“Mereka akan terapkan aturan secara ketat dan akan ada pemeriksaan (razia perizinan) yang intensif dari otoritas Saudi,” kata Anna.

Anna memahami antusiasme masyarakat untuk beribadah haji. Tapi publik juga jangan sampai tertipu oleh oknum yang ingin memanfaatkan kesempatan dengan menjanjikan keberangkatan dengan visa nonhaji. Ia mengingatkan bahwa tahun lalu (2023) banyak kasus jamaah akhirnya dideportasi setibanya di Arab Saudi.

Baca juga:Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Siapkan 11.900 KL Avtur Khusus Haji Flight 2024

"Ingat, risiko yang ditanggung besar. Selain tidak bisa beribadah haji dan adanya kerugian materi, jika sampai dideportasi, jamaah tidak bisa masuk ke Saudi hingga 10 tahun ke depan. Jadi, selain tidak bisa berhaji, juga tidak bisa umrah selama 10 tahun," tandas Anna.

Adapun visa tidak legal untuk berhaji selama musim haji adalah visa ummal, visa umrah, visa ziarah, hingga multiple. Direktur Bina Haji dan Umrah PHU Kemenag RI H Arsyad Hidayat menyampai hal serupa.

Ia mengatakan, Kemenag RI selama persiapan haji memiliki tim khusus yang mengurus visa haji jamaah Indonesia. “Informasi, tahun 2023 lalu banyak jamaah haji ilegal. Sekarang tidak ada haji tanpa tasrekh/izin. Tawaran haji furada, haji backpacker. Intinya haji harus dengan visa haji. Pemerintah Saudi memang menawarkan tenaga kerja asing, tenaga haji musiman untuk sopir, koki, dan mereka tidak boleh haji,” kata H Arsyad.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan