Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Liburan Sambil Belajar, Dimas Seto Ajak Bunda Keliling Tanah Kelahiran Imam Bukhari

esti setiyowati Rabu, 03 Juli 2024 - 17:00 WIB
Liburan Sambil Belajar, Dimas Seto Ajak Bunda Keliling Tanah Kelahiran Imam Bukhari
Artis Dimas Seto mengajak sang bunda, Tita Hamzah menjelajahi tanah kelahiran ulama masyhur Imam Bukhari, Uzbekistan.Foto/ist
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri dalam menghabiskan waktu dan menikmati liburan mereka. Ada yang menghabiskan momen libur dengan staycation, makanan di resto atau lainnya.

Begitu juga dengan Dimas Seto yang memilih mengajak sang bunda, Tita Hamzah menjelajahi tanah kelahiran ulama masyhur Imam Bukhari, Uzbekistan.

Meski tak ditemani istri tercinta, Dhini Aminarti, namun Dimas Seto tampak tetap bahagia. Terlebih safarnya kali ini didampingi sang ibu yang sudah berusia 72 tahun.

Liburan Sambil Belajar, Dimas Seto Ajak Bunda Keliling Tanah Kelahiran Imam Bukhari

"Bismillah safar lagi sama ibu di usia yang sudah 72 tahun, semoga Allah selalu memberikan sehat panjang umur yang berkah," kata Dimas Seto di akun Instagram miliknya, dilihat Rabu (3/7/2024).

Dimas Seto mengaku bersyukur di usia yang tak lagi muda, ibunya masih bersemangat dan enerjik menelusuri negara yang dikenal menyimpan banyak sejarah peradaban Muslim itu.

"Teman safar aku kali ini, alhamdulillah Allah berikan kesehatan dan diberikan kesempatan untuk mengunjungi tempat Imam Bukhari," tulis pria kelahiran 23 Juli 1979 ini.

Menurut Dhini Aminarti, kepergian Dimas Seto ke Uzbekistan selain jalan-jalan juga untuk belajar. Hal itu diungkapkan Dhini melalui media sosial.

"Fii amanillah sayang aku. Selamat jalan2 sambil belajar ya," ungkap Dhini.

Liburan Sambil Belajar, Dimas Seto Ajak Bunda Keliling Tanah Kelahiran Imam Bukhari

Dalam perjalanannya, Dimas dan sang bunda mengunjungi Masjid Kalan di Bukhara, yang dibangun penguasa Karakhanid Arslan. Selain difungsikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga diperuntukkan menjadi pusat ilmu pengetahuan.

Kemudian Dimas dan Tita Hamzah tampak menyambangi Samarkand, kota bersejarah dalam masa-masa kejayaan Islam.

Uzbekistan dikenal sebagai negara yang melahirkan ulama dan cendekiawan Muslim terkenal seperti Imam Bukhari, Imam At Tirmidzi, Raja Timur Lenk, Al Khawarizmi atau dikenal sebagai Bapak Aljabar dan Ibnu Sina.

Salah satu kota tertua di Uzbekistan, yaitu Kota Bukhara memiliki sejumlah sejarah Islam. Selain itu Bukhara dikenal sebagai pusat ekonomi dan budaya penting yang ada di Asia Tengah.

Imam Bukhari merupakan salah satu ulama Muslim terkenal yang berasal dari Bukhara. Imam Abu Abdullah Muhammad bin Ismail Al-Bukhari lahir di kota Bukhara, Uzbekistan pada abad ke sembilan.

Sang ayah merupakan seorang ulama yang membuat Bukhara mendapat pengaruh Muslim kuat. Hingga pada akhirnya, mayoritas etnis Uzbek memilih untuk menganut Islam.

Sebagai informasi, Bukhara adalah kota yang dilalui Jalur Sutra. Kota ini sempat dikuasai Kekaisaran Mongol, Genghis Khan pada 1220

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan