Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home global news detail berita

PM Spanyol Tegur Barat: Jika Dukung Ukraina, Harus Juga Bela Gaza

nabil Kamis, 11 Juli 2024 - 07:36 WIB
PM Spanyol Tegur Barat: Jika Dukung Ukraina, Harus Juga Bela Gaza
LANGIT7.ID-, Jakarta- -Pada hari Rabu, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez meminta negara-negara Barat untuk tidak menggunakan "standar ganda" dalam menyikapi konflik di Gaza. Hal ini dia sampaikan saat bergabung dengan pemimpin NATO lainnya yang mendukung Ukraina.

Di bawah kepemimpinan Sanchez, Spanyol telah membuat pemerintah sayap kanan Israel marah. Ini karena Spanyol mengakui Palestina sebagai negara dan mengkritik cara Israel berperang melawan Hamas.

Baca Juga:
Prancis Sebut Serangan Israel ke Sekolah di Gaza 'Tidak Dapat Diterima'
Pasukan Israel Lanjutkan Serangan di Gaza Beberapa Jam Setelah Serangan Mematikan di Kamp Pengungsian

"Kalau kita bilang ke rakyat kita bahwa kita mendukung Ukraina karena membela hukum internasional, kita juga harus melakukan hal yang sama untuk Gaza," ujar Sanchez dalam KTT peringatan 75 tahun NATO di Washington.

Pemimpin sosialis ini mengatakan harus ada "sikap politik yang konsisten" di mana "kita tidak pakai standar ganda."

Sanchez menyatakan dunia perlu menekan untuk "menghentikan krisis kemanusiaan yang sangat buruk ini" yang menimpa rakyat Palestina. Dia juga mengajak diadakannya konferensi perdamaian internasional untuk mendorong pembentukan negara Palestina.

"Kita perlu menciptakan kondisi agar gencatan senjata bisa segera terjadi," katanya. "Ada bahaya nyata konflik bisa meluas ke Lebanon."

Sanchez juga menyampaikan dukungannya untuk "demokrasi, kebebasan, dan hak untuk ada bagi negara seperti Ukraina."

Dalam KTT tersebut, para pemimpin NATO mengeluarkan pernyataan bahwa Kyiv berada di jalur yang "tak bisa dibalikkan" untuk bergabung dengan aliansi mereka.

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan