Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 17 September 2024
home global news detail berita

Rencana Arab Saudi Bangun Bioskop Dekat Kakbah Picu Kontroversi

esti setiyowati Sabtu, 17 Agustus 2024 - 16:00 WIB
Rencana Arab Saudi Bangun Bioskop Dekat Kakbah Picu Kontroversi
Arab Saudi berencana membangun bioskop di Mekkah. Namun, rencana tersebut menuai kontroversi.Foto/ist
langit7-Jakarta,- - Arab Saudi berencana membangun bioskop di Mekkah. Namun, rencana tersebut menuai kontroversi karena tempat hiburan baru itu terletak di dekat Kakbah di Masjidil Haram.

Sebuah video yang ramai beredar memperlihatkan seorang insinyur Saudi mendiskusikan pembangunan proyek hiburan besar itu di Mekkah memicu perdebatan di media sosial.

Bioskop tersebut merupakan komponen kunci dari "Smart Mecca", yang menurut informasi publik bertujuan untuk mengintegrasikan fasilitas hiburan modern ke dalam kota dengan tetap memperhatikan makna keagamaannya.

Proyek ini dikembangkan oleh anak perusahaan Public Investment Fund (PIF), yaitu Saudi Entertainment Ventures (Seven). Perusahaan ini menjadi garda terdepan dalam upaya ekspansi hiburan di Arab Saudi.

Baca juga:Dirgahayu RI ke-79, Berikut Sederet Kontribusi BRI Untuk Negeri

Sebelumnya pada tahun 2023, Seven mendapatkan kontrak senilai 2,5 miliar dollar AS untuk berbagai proyek hiburan di seluruh Kerajaan Arab Sudi.

Proyek bioskop Mekkah, senilai 347 juta dollar AS, sedang dibangun oleh perusahaan lokal Modern Building Leaders (MBL). Bioskop ini berlokasi di distrik Al Abidiyah dekat Universitas Ummul Qura di luar kompleks Masjid Ka'bah, proyek ini mencakup area seluas 80.000 meter persegi.

Pembangunan bioskop di Arab Saudi menandai perubahan budaya yang signifikan. Selama 40 tahun, bioskop dilarang di Kerajaan, yang mencerminkan norma-norma sosial konservatif yang berlaku di negara tersebut.

Larangan tersebut dicabut pada tahun 2018 sebagai bagian dari inisiatif Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang berupaya memodernisasi perekonomian dan membuka masyarakat Saudi.

Sejak pencabutan larangan tersebut, Arab Saudi dengan cepat memperluas infrastruktur bioskopnya, dengan banyak bioskop dibuka di seluruh wilayah Kerajaan.

Video yang dibagikan secara luas ini menuai reaksi beragam. Beberapa orang memuji pembangunan tersebut sebagai bagian dari inisiatif Visi 2030 Arab Saudi, yang bertujuan untuk mendiversifikasi perekonomian dan meningkatkan kualitas hidup warga negara dan penduduk.

Sementara yang lain menyatakan keprihatinannya karena lokasi tempat hiburan yang berdekatan dengan kompleks Masjidil Haram.

Meskipun ada kontroversi, pemerintah Saudi telah menegaskan kembali komitmennya untuk memastikan bahwa pembangunan baru ini tidak membahayakan kesucian Mekkah.

Para pejabat menekankan bahwa bioskop dan proyek hiburan lainnya dirancang untuk melengkapi infrastruktur modern kota tersebut sambil tetap menjaga kepentingan keagamaannya.

Proyek Mekkah ini adalah salah satu dari beberapa pengembangan hiburan yang dilakukan Seven di seluruh Kerajaan.

Perusahaan berencana untuk berinvestasi sebesar 50 miliar riyal Saudi atau setara Rp210 triliun di 21 destinasi hiburan terintegrasi di 14 kota.

Sumber: The New Arab

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 17 September 2024
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
11:51
Ashar
15:03
Maghrib
17:53
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan