LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kita memang suka melihat modifikasi motor yang penuh dengan ubahan mewah dari ujung ke ujung, karena itu menunjukkan kekuatan sebenarnya dari kustomisasi yang tepat. Namun, proyek berbiaya rendah juga bisa sama menariknya. Para builder sering menemukan cara-cara cerdas untuk mengatasi keterbatasan anggaran namun tetap menghasilkan motor yang luar biasa. Itulah jenis modifikasi yang akan kita lihat hari ini.
Perkenalkan Mateusz Kubak, seorang insinyur mesin dari Illinois yang merupakan otak di balik Honda CB550 cafe racer yang memukau ini. Di waktu luangnya, dia senang membuat berbagai gadget dan kendaraan keren, seperti motor kustom, skateboard listrik, bahkan sarung tangan pelempar api yang berfungsi - yah, karena kenapa tidak? Kemampuan fabrikasinya memang luar biasa, dan motor di atas jelas membuktikan hal itu.
![Honda CB550 Cafe Racer: Modifikasi Murah, Gaya Maksimal]()
Mateusz menggunakan Honda CB550 tahun 1974 sebagai bahan dasarnya, dengan catatan dia hanya punya dana $2.500 untuk modifikasi. Rangka dan mesin motor donornya masih dalam kondisi cukup bagus saat dibeli. Memang, motor ini tidak punya jok dan sistem kelistrikan, tapi itu bukan masalah karena bagian-bagian itu akan diganti juga.
Setelah CB550 dibongkar dan diletakkan di meja kerja, Mateusz langsung memulai proyeknya. Langkah pertama adalah operasi rangka yang rumit, yaitu merapikan rangka utama sebelum mengerjakan subframe. Tabung rangka belakang asli dihapus sepenuhnya, lalu diganti dengan alternatif buatan sendiri yang berbentuk loop.
Setelah subframe baja baru dilas, seluruh rangka dikirim untuk dilapisi bubuk hitam satin. Selanjutnya, Mateusz beralih ke bodywork, dengan tujuan memberi tampilan yang lebih sporty pada CB klasik ini tanpa menghabiskan banyak uang. Tangki bahan bakar asli dipertahankan, tapi kini dilengkapi lekukan untuk lutut yang menambah poin gaya cafe racer.
![Honda CB550 Cafe Racer: Modifikasi Murah, Gaya Maksimal]()
Semua part bodi lainnya langsung disingkirkan, dan sebuah dudukan jok baru dibuat dari nol. Meskipun ini adalah modifikasi berbujet rendah, Mateusz tetap menggunakan kulit coklat berkualitas tinggi untuk jok, menambah sentuhan elegan. Tepat di belakang jok kustom terdapat bagian ekor cafe racer yang dibentuk dari fiberglass agar pas sempurna di atas tabung subframe.
Tidak ada fender yang digunakan, dan plat nomor kini dipasang di bawah pada bracket yang terpasang di swingarm. Sebelum menyelesaikan bodywork, Mateusz membalutnya dengan warna biru muda yang menakjubkan, melengkapi warna coklat kulit dengan indah. Beberapa pinstriping stylish juga ditambahkan pada tangki bahan bakar dan ekor, untuk menambah kedalaman visual pada livery motor.
Dari sisi mekanik, Honda tua ini mendapat pembaruan suspensi dan rem untuk memastikan performa optimal. Roda-rodanya juga diperbaiki, dengan pelek yang dilapisi bubuk kini dibalut ban Avon yang grippy. Karena CB550 ini tidak datang dengan sistem kelistrikan standarnya, sebuah wiring harness baru dibuat dari awal dan dihubungkan ke pengontrol Motogadget.
Perangkat keras kelistrikan disembunyikan dengan rapi di bawah jok, dengan kabel-kabel yang dipasang secara diskret menuju komponen pencahayaan di depan dan belakang. Di bagian belakang, kita menemukan rakitan kustom yang menahan lampu belakang dan lampu sein, menggunakan titik pemasangan yang sama dengan peredam kejut. Di depan, ada lampu depan bergaya retro baru yang dipasang pada bracket buatan sendiri, sementara lampu sein depan adalah unit bar-end dari jajaran produk Motogadget.
![Honda CB550 Cafe Racer: Modifikasi Murah, Gaya Maksimal]()
Akses mudah ke peralatan elektronik dimungkinkan oleh mekanisme penguncian yang dibuat khusus, memungkinkan jok dilepas tanpa banyak kesulitan. Selain itu, mesin empat silinder segaris mendapat pemeriksaan cepat untuk memastikan komponen internalnya masih dalam kondisi baik. Langkah berikutnya adalah penambahan peralatan pernapasan baru di kedua ujung siklus pembakaran.
Udara kini masuk melalui karburator yang diperbarui dengan filter pod aftermarket premium. Di sisi lain, sistem knalpot standar diganti dengan item stainless steel dari Delkevic, yang menggunakan konfigurasi empat-ke-satu dan dikatakan memiliki suara yang luar biasa. Setelah dibersihkan dan dipoles dengan teliti, eksterior mesin empat silinder ini terlihat seperti baru di manapun Anda melihatnya. Footpeg standar dipertahankan untuk menekan biaya.
Di sisi lain, kokpit motor kini dilengkapi dengan clip-on yang dipasang agresif, membawa spion bar-end tunggal di sisi kiri dan grip yang warnanya disesuaikan dengan jok. Mateusz Kubak mempertahankan dua dial standar, sambil menanamkan empat lampu peringatan LED di tempat yang dulunya adalah penjepit setang. Meskipun ada keterbatasan anggaran dalam proyek ini, pria di baliknya tetap berhasil menciptakan sebuah mahakarya!
(lam)