LANGIT7.ID-Jakarta; Tidak peduli berapa banyak yang kita lihat, CB750 yang dikustomisasi tetap membuat kita sangat bersemangat jika dilakukan dengan benar. Meski begitu, spesimen generasi pertama yang ikonik yang dibawa ke jalur restomod bisa jadi sama menariknya, dan inilah mengapa kita tidak sabar untuk membicarakan permata klasik yang digambarkan di atas. Ia berasal dari toko Finlandia yang kurang dikenal bernama Steel Bakery – gagasan Henri Ikola.
Ia bekerja sendiri dan menikmati karya seni kustom setelah jam kerja, karena pekerjaan utamanya membuatnya bekerja penuh waktu di dealer mobil. Bahasa Indonesia: Menemukan Honda CB750 yang sudah usang dari awal tahun tujuh puluhan di Facebook Marketplace, tidak lama kemudian Henri membawanya kembali ke garasinya untuk kesempatan baru dalam hidup. Mesin empat silinder segaris 736cc dalam kondisi yang sangat buruk, jadi di situlah perombakan dimulai.
Perombakan total dilakukan dari dalam ke luar, dengan piston berukuran besar masuk ke dalam silinder yang dibor. Karburator Keihin dan kotak udara yang menyertainya juga telah dirombak, tetapi sistem pembuangan pabrik terkorosi hingga tidak dapat diperbaiki. Oleh karena itu, itu dikeluarkan dari persamaan sama sekali, memberi ruang untuk barang khusus yang relatif mirip yang terbuat dari baja tahan karat.
Pipa yang cantik berakhir dengan kuartet knalpot megafon terbalik, semuanya dibuat dari awal oleh Steel Factory. Tokoh utama kita juga muncul dengan sepasang spatbor aluminium yang dipesan lebih dahulu, sambil mengembalikan komponen bodi lainnya kembali ke kejayaannya sebelumnya. Tangki bahan bakar dan penutup samping kemudian diselimuti dengan corak yang sangat mirip dengan salah satu opsi yang tersedia dari pabrik, dengan warna oranye sebagai warna utama.
![Honda CB750, Setelah Dimodifikasi Jadi Permata Klasik Yang Makin Menggoda]()
Henri juga telah memperbarui sadel CB750 hingga sempurna, sama seperti yang telah dilakukannya pada rangka yang ada di bawahnya. Rangka tersebut kini diselimuti lapisan pelapis bubuk hitam, dan lengan ayun standar digantikan oleh modul CB550 yang telah digunakan kembali. Peredam kejut aftermarket modern menghubungkan yang terakhir ke subrangka sepeda motor, tetapi beberapa perangkat keras suspensi baru juga ditambahkan ke ujung depan.
Garpu terbalik disumbangkan dengan baik oleh Kawasaki ZX-9R, sedangkan kaliper rem depan bersumber dari Aprilia. Kaliper tersebut menjepit sepasang cakram gaya gelombang mengambang, dan rem tromol belakang diubah sepenuhnya untuk memberikan daya henti yang optimal. Pelek Borrani baru diikatkan ke hub roda stok, dengan karet Avon retro di bagian depan dan belakang.
Di kokpit, kita melihat stang berlapis krom baru yang memakai pegangan Biltwell, kaca spion ujung stang yang terkulai, dan sakelar yang ringkas. Tombol putar ganda bawaan sudah tidak ada, diganti dengan dasbor digital yang tidak mencolok untuk tampilan yang lebih bersih. Meskipun lampu depan standar masih ada di bagian depan, lampu itu telah sepenuhnya diubah dan dipasang kembali pada perlengkapan pemasangan yang dibuat khusus. Terakhir, Steel Bakery telah merombak elektronik dengan kabel baru, modul CDI, dan regulator yang masih muda.(*/saf/autoevolution)
(lam)