LANGIT7.ID-, Jakarta- - Dunia otomotif sedang menanti kehadiran Honda Prelude 2026, dan rumor liar tentang mobil sport coupe hybrid ini mulai beredar di Jepang. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Prelude yang bangkit kembali akan hadir dengan kombinasi powertrain yang belum pernah terlihat selama hampir satu dekade: hybrid dengan transmisi manual. Meski Honda pernah melakukannya sebelumnya pada Civic dan Insight hybrid, rumor ini terdengar terlalu mengada-ada untuk dipercaya begitu saja.
Menurut laporan dari Best Car Web di Jepang, Honda Prelude 2026 akan dilengkapi transmisi manual bersama mesin hybrid I-4 2.0 liter yang baru saja diperkenalkan pada lineup Honda Civic 2025. Transmisi ini konon akan dipinjam dari Civic trim RS, yang pada dasarnya adalah Civic Si hatchback yang hanya dijual di luar negeri (di AS hanya tersedia Si dalam bentuk sedan).
Namun, mengapa kita skeptis? Jawabannya terletak pada cara kerja sistem hybrid di Civic. Alih-alih menggunakan transmisi otomatis biasa atau continuously variable transmission (CVT) seperti kebanyakan hybrid, Civic sebenarnya tidak memiliki transmisi sama sekali. Sebagai gantinya, ada mesin, motor/generator, dan motor penggerak listrik utama yang lebih besar. Motor yang lebih besar melakukan sebagian besar penggerak, dengan mesin mendukungnya melalui generator.
Honda memang punya sejarah dengan hybrid transmisi manual, tapi sepertinya tidak masuk akal jika mereka kembali ke masa lalu itu—apalagi untuk coupe sport dua pintu yang hampir pasti tidak akan terjual sebanyak Civic. Itu adalah investasi besar untuk pengembangan dan sertifikasi model dengan produksi relatif rendah yang diperkirakan tidak akan jauh lebih mahal dari Civic Hybrid termahal.
Meski transmisi manual sering dianggap lebih hemat bahan bakar, kenyataannya transmisi otomatis modern lebih efisien. Buktinya bisa dilihat dari sejarah Honda CR-Z. Versi manual CR-Z 2011 mampu mencapai 31 mpg kota, 37 jalan raya, dan 34 mpg kombinasi menurut EPA. Sementara versi CVT? Lebih hemat 3 mpg di kota, 1 mpg di jalan raya, dan 2 mpg kombinasi.
Jadi, apa sebenarnya maksud di balik rumor transmisi manual ini? Kemungkinan besar Honda sedang memikirkan cara untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih sporty pada Prelude menggunakan powertrain yang sama dengan Civic Hybrid. Alih-alih transmisi manual sungguhan, Honda mungkin sedang mengembangkan cara untuk mensimulasikan pengalaman perpindahan gigi manual menggunakan powertrain Civic Hybrid yang sudah ada.
Mirip dengan Hyundai Ioniq 5 N 2025 yang menawarkan pengalaman perpindahan gigi manual yang sepenuhnya sintetis namun meyakinkan, Honda bisa saja mengembangkan cara untuk membuat pengemudi merasa seolah-olah mereka mengendalikan transmisi yang sebenarnya tidak ada.
Honda sudah mensimulasikan "perpindahan gigi" palsu di Civic Hybrid dengan menurunkan torsi mesin pada interval tertentu selama akselerasi, sehingga penumpang mendengar putaran mesin naik, memuncak, lalu naik lagi. Prelude bisa saja memberikan kendali atas "perpindahan gigi" simulasi ini kepada pengemudi. Ini hanya membutuhkan pemrograman komputer—Civic Hybrid sudah memiliki paddle shift di belakang setir yang digunakan untuk menyesuaikan level pengereman regeneratif motor listrik dengan cepat. (
motortrend)
(lam)