Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 05 Desember 2024
home wirausaha syariah detail berita

Mulai dari Usaha Rumahan, Brand Fashion Muslim Lokal Mybamus Sukses Tembus Pasar Global

esti setiyowati Jum'at, 29 November 2024 - 08:03 WIB
Mulai dari Usaha Rumahan, Brand Fashion Muslim Lokal Mybamus Sukses Tembus Pasar Global
Mybamus, brand modest fashion asal Indonesia yang memulai perjalanannya sebagai bisnis rumahan dan kini sukses membuktikan kesuksesan di pasar global. Foto: Ist.
LANGIT7.ID-, Jakarta - - Indonesia adalah salah satu kiblat mode busana muslim dunia. Tren ini terus berkembang di tanah air berkat inovasi desainer lokal yang menggabungkan kepraktisan, kenyamanan, dan estetika modern.

Mybamus, brand modest fashion asal Indonesia yang memulai perjalanannya sebagai bisnis rumahan dan kini sukses membuktikan kesuksesan di pasar global.

Dengan mengusung tagline ‘Affordable Price to be Fashionable Everyday’ dan tema “Bright and Cheerful,” Mybamus berhasil menarik perhatian konsumen melalui koleksi ikonik, seperti Pashmina Tie Dye yang sempat booming saat awal tren hijab.

Baca juga: Kahf, Ketika Kualitas dan Kehalalan Menjadi Kunci Sukses Brand Lokal

Lewat konsistensi dalam menjaga kualitas, desain modern yang relevan, dan harga terjangkau, Mybamus berkembang menjadi salah satu nama besar di industri modest fashion Indonesia.

Keberhasilannya ini pun mengantarkan Mybamus meraih penghargaan Shopee First Export Award pada tahun 2018, sebuah pembuktian kemampuannya bersaing di pasar internasional.

Berdiri pada 2011, Mybamus memulai langkahnya di Bandung Barat. Awalnya, produk fashion muslim ini dipasarkan melalui grup broadcast message di sebuah aplikasi pesan.

Sebagai langkah strategis untuk memperluas pasar, Mybamus pun bergabung dengan Shopee pada tahun 2016. Tak butuh waktu lama, setahun berselang, Mybamus bergabung dengan Shopee Mall untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih nyaman dan aman.

Hingga pada tahun 2018, brand lokal asal Jawa Barat ini pun mampu membawa lini produk unggulannya menembus pasar internasional dengan bergabung Program Ekspor Shopee.

Beberapa koleksi favorit, seperti Mybamus Zigzag Kemeja, Mybamus Kinan Tops, Mybamus Kairi Kemeja, hingga Mybamus Sheri, senantiasa menjadi produk unggulan yang paling diminati di setiap kampanye.

Baca juga: Rayakan Kemerdekaan RI, Brand Lokal Mine Perfurmery Rilis Parfum Limited Edition

Mybamus merancang produk dengan bahan berkualitas tinggi, memastikan kenyamanan tanpa mengorbankan estetika, serta harga terjangkau, mulai dari Rp70.000 hingga Rp100.000.

Menariknya lagi, seluruh proses produksi yang dilakukan senantiasa mendukung pertumbuhan industri tekstil nasional.

Strategi Mybamus Terhubung Lebih Dekat dengan Konsumen

Selama masa pandemi, Mybamus menunjukkan daya juang yang luar biasa hingga terus berkembang sampai saat ini. Kini, Mybamus telah menjadi salah satu brand fashion lokal yang mampu beradaptasi dan merespons perubahan preferensi belanja masyarakat yang dinamis.

Salah satu strategi utama yang mendukung pertumbuhannya adalah pemanfaatan Shopee Live sejak 2019.

“Di tengah pesatnya pertumbuhan pasar modest fashion, teknologi digital memainkan peran penting sebagai katalis perubahan dalam kebiasaan belanja masyarakat. Hal ini membuka peluang besar bagi pelaku usaha untuk menjangkau konsumen lebih luas," kata pemilik Mybamus, Selviana Yuswanto dalam keterangannya, Kamis (28/11/2024).

Fitur interaktif ini memungkinkan Mybamus untuk mempererat hubungan dengan pelanggan setia serta menjangkau segmen pasar baru dengan lebih efektif.

“Shopee Live memungkinkan kami menjangkau lebih banyak konsumen sekaligus membangun hubungan yang lebih dekat. Ini menunjukkan integrasi antara pemasaran interaktif yang dihadirkan platform e-commerce seperti Shopee Live dapat menciptakan dampak besar dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan," tambahnya.

Seiring berjalannya waktu, jumlah penonton Mybamus di Shopee Live mengalami lonjakan signifikan.

Baca juga: HijabChic, Brand Lokal yang Hadirkan Koleksi Fashion Muslim Berkualitas dan Kekinian

Peningkatan ini tidak lepas dari konsistensi mereka dalam menggelar sesi live streaming, terutama pada momen-momen kampanye belanja besar seperti Ramadan, Harbolnas, dan akhir tahun, di mana penonton dan penjualan meningkat signifikan.

Kolaborasi dengan Key Opinion Leaders (KOL) pun turut menjadi strategi penting bagi Mybamus. Pada 2023, mereka bekerja sama dengan aktris Alyssa Soebandono untuk meluncurkan koleksi eksklusif yang mendapat respons positif dari konsumen.

"Sebagai brand lokal, kami berharap akan semakin banyak inovasi fitur yang dapat mempermudah pelaku UMKM untuk bersaing, baik di pasar lokal maupun internasional,” tutup Selviana Yuswanto.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 05 Desember 2024
Imsak
03:57
Shubuh
04:07
Dhuhur
11:47
Ashar
15:12
Maghrib
18:01
Isya
19:16
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan