Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home home & garden detail berita

Tertarik Lantai Semen? Hal Berikut Perlu Diketahui

Dwitisya Rizky Desindatika Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:35 WIB
Tertarik Lantai Semen? Hal Berikut Perlu Diketahui
Ilustrasi penerapan lantai semen pada hunian. Foto: Pexel-Pixabay
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - Lantai merupakan salah satu unsur penting saat membangun rumah. Meskipun kerap diselesaikan pada tahap akhir, pemilihan konsep dan desain lantai tidak dapat diremehkan.

Saat ini satu jenis lantai rumah yang mulai dilirik adalah lantai semen. Meski hanya terbuat dari semen, bukan berarti kasar dan murahan, sebaliknya karakter abu-abu pada semen memberi kesan artistik dan cocok bagi yang ingin mengadopsi gaya industrial

Sesuai namanya, lantai ini hanya terbuat dari semen yang langsung diratakan, kemudian ia melalui proses penghalusan dan pengacian hingga memberi kesan bekilau. Lantai semen memiliki banyak keunggulan di antaranya seperti diulas laman concretenetwork.com

1. Tidak membutuhkan modal yang besar. Ini bila dibanding menggunakan jenis lantai lain yang memiliki harga beragam bergantung, ukuran, bahan baku, dan
modelnya, seperti lantai granit atau marmer.

2. Proses pembuatan lantai semen ini juga relatif mudah dan cepat. Hanya perlu mengecor semen lalu dipoles tanpa lagi merekatkan alas lain.

3. Hasil akhir terlihat simpel namun berciri khas. Karakter abu-abu sederhana tanpa tekstur nat memberi Anda keleluasaan untuk mengatur interior tanpa menganggu desain utama. Gaya tradisional masuk, minimalis juga oke, nuansa industri dengan paduan perabot besi dan kayu tak kalah mantap.

4. Durabilitas yang sangat tinggi. Kekuatan lantai semen tidak bisa ditemukan pada jenis lantai lain dan membuatnya menjadi tahan lama tanpa harus bingung untuk menggantinya kembali dengan yang baru.

5. Perawatan yang mudah. Anda hanya perlu mengepel secara rutin, dan memoles lantai sekali dalam 6 bulan agar permukaan mengilap. Jadi proses membersihkan bisa dilakukan dengan
mudah.

Terkesan dingin. Untuk wilayah negara Indonesia yang dikenal tropis, lantai jenis ini sangat cocok diaplikasikan, karena menambah ruangan berkesan dingin meskipun dalam kondisi yang terik di luar rumah.

Ada pula yang harus diwaspadai--jika tak ingin disebut kekurangan--bila ingin mengaplikasikan lantai semen di rumah anda, salah satunya permukaan lantai keras. Bisa jadi sedikit berbahaya apabila anak Anda terjatuh di lantai semen. Maka pengawasan aktivitas terhadap terutama terhadap anak kecil harus lebih ekstra.

Berikutnya yakni Rentan retak. Bila diaplikasikan dengan tidak benar dapat mengakibatkan keretakan pada permukaan lantai. Pastikan proses pengecoran dilakukan dengan baik dan benar untuk menghindari kerusakan. pastikan menggunakan semen, pasir dan formula adonan semen cor terbaik dan dilakukan dan diawasi oleh ahli yang berpengalaman.

(arp)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan