home masjid

Tafsir Surat Al-Hasyr Ayat 18: Siapkan Bekal untuk Hari Akhir

Rabu, 07 September 2022 - 06:45 WIB
Tafsir Surat Al-Hasyr Ayat 18: Siapkan Bekal untuk Hari Akhir. Foto: Langit7.id/iStock.
Allah SWT memerintahkan kepada setiap umat muslim untuk beriman dan yakin pada hari akhir. Iman kepada hari akhir yaitu yakin adanya balasan atas perbuatan-perbuatan semasa hidup di dunia, seperti dalam surat Al-Hasyr ayat 18:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Artinya:Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memerhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam tafsir Jalalain dijelaskan, setiap orang yang meyakini Allah dan Rasul-Nya serta melaksanakan setiap perintah-Nya, akan takut kepada Allah dan menjaga diri dari siksa-Nya dengan cara melaksanakan yang diperintahkan serta meninggalkan yang dilarang oleh-Nya.

Setiap diri hendaknya merenungkan apa yang akan diperbuatnya untuk bekal pada hari Kiamat. Takutlah kepada Allah di setiap perbuatan yang kalian lakukan dan yang kalian tinggalkan. Sesungguhnya Allah Mahateliti atas segala yang kalian kerjakan dan Dia akan membalasnya dengan balasan yang setimpal.

Baca Juga:Tafsir Ali Imran Ayat 134: Sedekah dalam Kondisi Lapang dan Sempit

Sementara dalam Tafsir as-Sa'di, Syekh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di memaparkan, Allah memerintahkan hamba-hambaNya yang beriman untuk menunaikan konsekuensi iman, yaitu dengan bertakwa kepada Allah, baik di kala sepi maupun ramai dan di segala hal.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya