Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 19 Mei 2024
home masjid detail berita

Waktu Dilaksanakan Shalat Gaib, Begini Anjuran Nabi SAW

mahmuda attar hussein Ahad, 29 Mei 2022 - 14:35 WIB
Waktu Dilaksanakan Shalat Gaib, Begini Anjuran Nabi SAW
Ilustrasi shalat gaib dilakukan berjamaah. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Shalat jenazah dapat dilakukan tanpa berada di depan mayit karena alasan jarak atau jenazah hilang, lalu tidak ditemukan. Kondisi ini disebut juga Shalat Gaib.

Melansir laman Muhammadiyah, Salat jenazah secara ghaib juga dapat dilakukan, baik di tempat salat (mushala), atau di kuburan orang yang sudah meninggal dunia.

Adapun pelaksanaan salat jenazah bisa dilakukan setelah meyakini seseorang telah meninggal dunia dan sudah siap untuk dilaksanakan salat atasnya atau beberapa hari setelahnya.

Baca Juga: Sejarah Shalat Ghaib yang Pernah Dilakukan Rasulullah

Hal ini sebagaimana dijelaskan beberapa hadits Nabi SAW dari asy-Sya’bi: "Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah salat atas suatu kubur setelah dikubur, lalu beliau takbir empat kali” (HR Muslim).

Juga dalam hadis dari Ibnu Abbas: "Sesungguhnya Nabi SAW pernah salat atas suatu kubur setelah satu bulan” (HR al-Baihaqi)."

Begitu juga hadist dari Said bin Musayyab (diriwaytkan), bahwa "Ummu Sa’d meninggal sementara Nabi SAW tidak ada (di Madinah), maka ketika telah kembali datang beliau mensalatkan atasnya, padahal sudah berlalu satu bulan (dari kematiannya)" (HR at-Tirmdizi).

Berdasarkan hadis-hadts di atas, dapat dipahami bahwa seseorang boleh melakukan salat jenazah, baik orang yang meninggal itu sudah dikubur atau sesudah beberapa hari dari kematiannya, seperti tiga hari atau satu bulan.

Penyebutan masa waktu dalam hadits tersebut tidaklah menunjukkan pembatasan waktu kebolehan seseorang untuk mensalatkan jenazah, sehingga boleh hukumnya bagi seseorang untuk mensalatkan jenazah dikarenakan suatu hal setelah jenazah dikubur hingga beberapa hari atau bulan.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 19 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan