Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 17 September 2024
home wisata halal detail berita

Desa Wisata Kandri, Banyak Monyet Ekor Panjang Berkeliaran

hasanah syakim Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:24 WIB
Desa Wisata Kandri, Banyak Monyet Ekor Panjang Berkeliaran
Gua Kreo di Semarang. (foto: instagram/ @goakreosemarang)
LANGIT7.ID, Semarang - Desa Wisata Kandri terletak di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Jawa Tengah. Desa yang mulai dibentuk pada 21 Desember 2012 menawarkan keindahan daya tarik berupa alam dan budaya.

Desa wisata ini memiliki potensi wisata berupa Wisata Gua Kreo yang terletak di pulau kecil di tengah Waduk Jatibarang. Di pulau kecil tersebut wisatawan juga dapat melihat ratusan monyet berekor panjang yang sudah jinak, yang menghuni pulau kecil itu

Dilansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Kandri selain mempunyai potensi wisata alam, juga mempunyai potensi wisata buatan berupa Waduk Jatibarang yang dilengkapi dengan Perahu Wisata, Plaza Kandri dan Lokasi Pemancingan.

Baca juga: Mau Mendaki Gunung Dempo di Pagaralam, Ini Syaratnya

Potensi wisata minat khusus berupa Ekowisata dan Eduwisata dikemas dalam paket wisata bagi rombongan anak usia pra-sekolah dan usia sekolah, mulai dari SD, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi.

Sarana dan prasarana yang ditawarkan dalam pendukung aktivitas pariwisata yang ada antara lain, Kantor dan Sekretariat Pengelola Desa Wisata, Pemandu Wisata, Homestay dan lainnya.

Di tempat wisata ini Sahabat Langit7 juga disediakan fasilitas berupa area parkir luas, paket wisata, kebun buah, sanggar seni Omah Alas, kereta wisata, spot foto, toilet, kios UMKM, camping ground, river tubing, dan beberapa fasilitas lainnya.

Baca juga: Gua Kreo, Destinasi Wisata Petilasan Sunan Kalijaga yang Makin Cantik

Tak lupa, desa ini juga menyajikan makanan khas Desa Wisata Kandri seperti Sego Kethek, kemudian ada juga oleh-oleh khas berupa aneka makanan dan cemilan berbahan baku singkong, seperti Wingsing, Jenang Tape, Dodol Tape, Sikela, Gethuk, aneka Kripik dan Criping Singkong dan lainnya.

Desa wisata ini memiliki berbagai macam produk cinderamata yang terbuat dari bambu, kayu dan bahan lain, kemudin produk dan sablon kaos serta batik.

Potensi Seni yang ada berupa Gendongan Lesung, Kempling Kemanak, Gamelan, Karawitan, Sanggar Tari. Potensi Kearifan Budaya lokal yang dikemas dalam Kelender Kegiatan Tahunan yaitu Prosesi dan Kirab Budaya Sesaji Rewanda, Mahakarya Legenda Gua Kreo, Nyadran Desa, Nyadran Kubur, Nyadran Kali, Barikan dan Sedekah Waduk.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 17 September 2024
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
11:51
Ashar
15:03
Maghrib
17:53
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan