alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home edukasi & pesantren detail berita

5 Tips Parenting agar Jadi Orangtua Bijak di Era Digital

mahmuda attar hussein Kamis, 08 September 2022 - 12:30 WIB
5 Tips Parenting agar Jadi Orangtua Bijak di Era Digital
Parenting di era digital. (Foto: Pixabay).
LANGIT7.ID, Jakarta - Tips parenting menjadi orangtua bijak di era digital merupakan keniscayaan. Mereka harus bisa menyesuaikan masa agar anak-anak tidak terjerumus hal merugikan.

Batasan boleh dan tidak boleh harus diterapkan. Sebab digitalisasi seperti pedang bermata dua, yakni mempunyai efek positif dan negatif bagi anak.

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Ova Emilia mengatakan, era digital saat ini menghadirkan tantangan tersendiri bagi orang tua dalam mendidik anak.

"Penting menyiapkan diri menjadi orangtua, terlebih di era digital saat ini," kata Prof Ova seperti dilansir laman resmi UGM dikutip Kamis (8/9/2022).

Baca Juga: Tips Parenting dari Ustadz Abdul Somad, Sediakan Waktu untuk Anak

Berikut sejumlah tips parenting bagi orangtua di era digital:

1. Adaptasi

Orangtua harus bisa beradaptasi lebih dulu terkait digitalisasi ketimbang sang anak. Dalam artian, orang tua harus bisa menyiapkan diri untuk menjadi bijak di tengah era digitalisasi yang berkembang pesat.

2. Batasan

Tidak sedikit orangtua yang membiarkan anak-anaknya asyik dengan gadget. Terutama untuk mendiamkan anak mereka yang kerap kali rewel.

Padahal hal tersebut memiliki dampak negatif bagi anak, karena mereka bisa saja meniru hal buruk yang mereka dapatkan dari internet. Untuk itu, beri mereka batasan, baik waktu maupun akses terhadap gadget.

3. Interaksi

Walaupun era digitalisasi memudahkan orang untuk berinteraksi secara daring, tapi interaksi langsung tetap dibutuhkan. Apalagi untuk merekatkan hubungan antara orangtua dan anak.

Orangtua diharapkan bisa menggunakan kalimat-kalimat positif dalam interaksi sehari-hari, sehingga dapat menciptakan ingatan positif bagi anak bahwa keluarga adalah tempat aman dan nyaman bagi mereka.

4. Sinergi

Ayah dan ibu juga perlu bersinergi dengan baik dalam mendidik anak. Artinya, baik ayah maupun ibu harus saling dukung dan menetapkan aturan yang bijak di rumah.

Hal ini bermanfaat untuk membentuk karakter positif bagi anak. Termasuk menghadirkan nilai kejujuran di rumah.

5. Belajar

Orang tua harus terus belajar menjadi orang tua yang baik. Termasuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, di mana saat ini adalah era digitalisasi.

Orang tua tidak boleh cepat puas, karena anak-anak tumbuh di zaman dan lingkungan yang berbeda.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan