LANGIT7.ID - , Jakarta - Menjelang
libur akhir tahun, tren belanja daring melalui
smartphone diperkirakan akan terus meningkat. Hal tersebut berdasarkan survey yang dilakukan penyedia layanan konten hingga teknologi
marketing digital di Indonesia, InMobi, yang bertajuk "The 2022 Indonesia Shopping Guide".
Survey melibatkan 1009 pengguna di Indonesia untuk melihat kecenderungan tren menjelang masa liburan.
Baca juga: Hukum Uang Belanja untuk Istri, Ini Kata Ahli MualamahMelalui keterangan persnya, Managing Director Asia Pacific InMobil Rishi Bedhi, mengatakan,
konsumen Indonesia dan negara-negara
Asia Tenggara lain lebih banyak menghabiskan waktu
berbelanja online.
"Masa liburan yang selalu identik dengan penjualan, konsumen di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berbelanja melalui mobile," kata Rishi.
Menurut Rishi, strategi keterlibatan mobile firs secara proaktif dapat dimanfaatkan pemilik brand untuk menangkap pangsa pasar selama periode tersebut.
Dari laporan tersebut terungkap 77 persen responden berenca belanja akhir tahun menggunakan ponsel pintar mereka. Bahkan, 56 persen responden menaikkan anggaran belanjanya dibanding tahun lalu.
Baca juga: Tipe-tipe Orang Belanja Online, Sahabat Masuk Kategori Mana?Kemudian, disebutkan pula bahwa konsumen di Indonesia terbagi tiga tipe Category Explorers (45 persen), Bargain Hunters (32 persen), dan Brand Lovers (23 persen).
Category Explorers merupakan konsumen yang mengeksplor banyak produk dari banyak kategori dan tidak terbatas pada satu kategori tertentu saat berbelanja.
Sementara Bargain Hunters, sesuai namanya, adalah konsumen yang memburu penawaran-penawaran menarik seperti Buy 1 Get 1, Discount 5 persen, atau penawaran lainnya.
Kemudian, konsumen Indonesia juga menyukai produk-produk dengan brand ternama dan mengincarnya di masa libur akhir tahun.
InMobi juga menyebutkan, potensi penjualan produk secara daring diperkirakan akan terjadi saat momen hari belanja 11.11 dan 12.12, dua bulan jelang 2022 berakhir.
Terkait masalah transaksi, pembayaran digital makin menjadi favorit karena 5 dari 10 persen menyebut baru mencoba pembayaran digital.
Baca juga: 3 Tempat Belanja Barang Bekas Berkualitas di Bandung(est)