Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 13 September 2024
home wisata halal detail berita

Menikmati Panorama Air Terjun Blang Kolam Aceh

ilham anugrah Kamis, 07 Juli 2022 - 12:50 WIB
Menikmati Panorama Air Terjun Blang Kolam Aceh
Panorama Air Terjun Blang Kolam menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Aceh. (foto: instagram/ @ig.aceh)
LANGIT7.ID, Aceh - Aceh tak hanya memiliki wisata religi yang kuat, tetapi juga menyimpan keindahan alam yang megah. Salah satunya Air Terjun Blang Kolam. Air terjun ini cukup tersembunyi, dulunya, hanya sebagian orang Aceh saja yang tahu. Namun belakangan, pemerintah setempat mengembangkan wisata alam ini sebagai destinasi yang layak dikunjungi.

Dengan ketinggian 75 meter, air terjun tampak indah dengan dikelilingi rimbunnya pepohonan dan hutan yang lebat. Belum lagi, ketika menuji ke sini, kita akan disuguhi pemandangan dan suasana pedesaan yang menyejukkan mata.

Bila ke sini, sebaiknya jangan berakhir pekan, karena akan ramai. Apalagi, pengunjung wajib menuruni 99 anak tangga, cukup melelahkan memang, tapi begitu menyusuri anak tangga terakhir, capeknya akan hilang berganti dengan kekaguman atas ciptaan Allah SWT.

Air terjun ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Propinsi Nanggro Aceh Darussalam. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa memilih jalur Simpang Cunda Lhokseumawe menuju Kuta Makmur yang berjarak sekitar 20 kilometer.

Sampai saat ini belum ada angkutan umum yang menuju lokasi. Jadi sebaiknya menyewa kendaraan pribadi untuk menuju ke sana.

Selain air terjun, terdapat tebing setinggi empat meter. Bagi yang menyukai ketegangan, kita bisa menguji nyali dengan cara meloncat dari tebing itu dan ke dalam air.

Fasilitas di Air Terjun

Meskipun letak dari Air Terjun Blang Kolam yang berada di hutan, fasilitas di sana tergolong cukup memadai. Apalagi sudah tersedia fasilitas umum seperti toilet, serta mushola yang bisa digunakan untuk beribadah.

Tak hanya itu, di tempat wisata ini juga telah tersedia listrik sehingga tak perlu khawatir jika kamu kehabisan baterai ponsel atau kamera. Terdapat pula tempat parkir yang cukup luas, dan dijaga oleh petugas sehingga tak perlu khawatir kendaraanmu akan hilang.

Jika merasa lapar terdapat penjual makanan dan minuman disekitar air terjun. Secangkir kopi atau teh hangat, bisa sedikit mengobati rasa dingin yang hinggap usai menikmati segarnya air terjun.

Terkadang kita keasyikan dan lupa hari sudah sore. Terdapat beberapa pilihan hotel dan penginapan yang ada di Kota Lhokseumawe. Memang masih belum ada penginapan didekat lokasi air terjun, karena lokasinya yang terpencil dan tersembunyi.

Berkunjung di Air Terjun Blang Kolam bisa dijadikan alternatif ketika berada di Aceh.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 13 September 2024
Imsak
04:22
Shubuh
04:32
Dhuhur
11:52
Ashar
15:06
Maghrib
17:53
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan