Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home wirausaha syariah detail berita

6 Kuliner Khas Kota Pahlawan Ini Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

hasanah syakim Ahad, 13 November 2022 - 09:00 WIB
6 Kuliner Khas Kota Pahlawan Ini Dijamin Bikin Kamu Ketagihan
6 Kuliner Khas Kota Pahlawan Ini Dijamin Bikin Kamu Ketagihan. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID, Jakarta - Kota Surabaya memiliki beragam destinasi wisata serta kuliner khas, kota ini juga dikenal sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Di Surabaya Sahabat Langit7 bisa menikmati sajian makanan khas dan unik saat berkunjung ke sana.

Di Kota Pahlawan ini Sahabat Langit7 bisa menyesuaikan selera makan dengan ragam pilihan kuliner khasnya yang enak dan lezat. Selain enak dan lezat, makanan ini pun begitu menggugah selera dengan harga yang cukup terjangkau.

Berikut enam rekomendasi kuliner khas yang wajib dicoba saat berada di Kota Surabaya:

Baca Juga: Rekomendasi 5 Kuliner Pilihan Khas Kota Magelang

1. Rujak Cingur

Rujak cingur menjadi salah satu makanan khas Surabaya, nama cingur diambil dari bahan utama, yaitu cingur berarti mulut. Rujak cingur ini biasanya menggunakan irisan mulut sapi, kemudian dilengkapi dengan isian lontong atau ketupat serta bumbu kacang.

Rujak cingur mempunyai rasa yang beragam. Mulai dari gurih, pedas, manis, ditambah sensasi kenyal dari cingur bercampur jadi satu ketika Sahabat Langit7 menyantapnya.

2. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Surabaya yang tidak boleh dilewatkan ketika Sahabat Langit7 berkunjung ke Kota Pahlawan. Rawon ini berupa sop daging yang memiliki kuah hitam karena campuran kluwek di dalamnya.

Rawon memiliki rasa perpaduan antara manis, asin, gurih, dan lezat membuat makanan ini cocok menjadi menu makan siang. Rawon juga begitu nikmat bila dikonsumsi bersama nasi hangat serta ditemani es teh manis, Sahabat Langit7 juga bisa menemukan makanan ini selain di Kota Surabaya.

3. Tahu Tek

Tahu tek juga menjadi makanan khas Surabaya yang banyak digemari masyarakat di Surabaya. Satu porsi tahu tek biasanya berisi tahu yang digoreng setengah matang, lontong, kentang, dan sedikit taoge.

Setelah itu bahan-bahan tersebut disiram dengan bumbu kacang yang diberi petis. Penjual tahu tek Surabaya juga kerap menambahkan telur dadar dan kerupuk udang sebagai pelengkapnya.

4. Sego Sambel

Sego Sambel salah satu pilihan kuliner yang cocok bagi Sahabat Langit7 yang menyukai makanan pedas, kuliner ini merupakan nasi hangat yang ditambah dengan lauk ikan pari, yang dibaluri sambal merah. Selain ikan pari biasanya tersedia pula pilihan lauk sederhana lainnya.

5. Sate Karak

Sate karak merupakan sate yang terbuat dari usus yang disajikan dengan karak atau ketan hitam. Setelah itu, kuliner ini ditaburi parutan kelapa sehingga rasanya menjadi lebih unik.

6. Tahu Campur

Tahu campur menjadi salah satu makanan khas Surabaya bagi Sahabat Langit7 yang suka menyukai makanan yang berkuah. Tahu campur memiliki kuah yabg segar serta menghangatkan sehingga makanan khas ini nikmat bila disantap saat sedang hujan.

Bahan-bahan yang digunakan antara lain sayuran, tahu goreng yang sudah diiris, perkedel ubi, daging, taoge, mie kuning tumis, dan guyuran kuah kaldu gurih dengan tambahan petis. Tambahan sambal dan kerupuk udang membuat makanan ini begitu nikmat saat di santap.

Baca Juga: Pemandian Tirtosari View, Destinasi Wisata Alam di Lereng Gunung Semeru

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan