alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home community detail berita

Becak Listrik Bakal Ramaikan Muktamar Muhammadiyah

mahmuda attar hussein Rabu, 16 November 2022 - 09:50 WIB
Becak Listrik Bakal Ramaikan Muktamar Muhammadiyah
Becak Listrik Bakal Ramaikan Muktamar Muhammadiyah. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Komunitas Becak Stroom akan meramaikan Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Kota Solo. Tiga becak listrik bakal mondar-mandir selama momentum tersebut.

Bentuk dukungan dari Becak Stroom ini dengan meminjamkan becak listrik bagi para tamu muktamar yang hadir di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Datang ke Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS pada Senin (14/11), rombongan Becak Stroom hadir sekaligus untuk mengampanyekan kesadaran lingkungan.

Perwakilan Becak Stroom Yogyakarta, Slamet Riyanto mengatakan, pihak komunitas meminjamkan tiga becak listrik untuk digunakan oleh penggembira. Becak listrik ini digunakan dari edutorium menuju objek wisata De Tjolomadoe yang berjarak sekitar 3 kilometer dari UMS.

“Becak listrik ini menggunakan becak kayuh yang dipasangi dinamo listrik dengan tenaga dari baterai lithium,” kata Slamet melansir laman Muhammadiyah, dikutip Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah, Banyak Objek Wisata di Klaten Digratiskan

Kemampuan becak listrik ini juga cukup baik. Dengan pemakaian satu kali charging yang dapat menempuh jarak sekitar 30 kilometer, dan mengangkut dua orang penumpang.

“Tenaganya bukan aki. Kita pakai yang modern, yaitu baterai lithium. Nanti bisa digunakan hingga 4-5 kali pulang pergi Edutorium UMS - De Tjolomadoe dalam sekali charging,” ujarnya.

Becak listrik, lanjut Slamet, merupakan bentuk kepedulian sadar lingkungan dari para tukang becak. Selain itu, dimaksudkan untuk meringankan beban tukang becak di Yogyakarta.

"Dengan becak listrik ini, akan lebih ringan dan hemat tenaga. Ini proyek awal kami, belum dicoba di Yogyakarta. Sekaligus kami memberi sumbangsih pelaksanaan muktamar di sini (Kota Solo),” ujarnya.

Sementara itu, Panitia Penerima Muktamar Muhammadiyah, Taufiq Nugroho mengapresiasi komunitas Becak Stroom yang turut memeriahkan muktamar. Dengan meminjamkan becak listrik untuk para penggembira muktamar.

"Becak listrik ini akan sangat membantu dan bisa diakses penggembira muktamar selama tiga hari, mulai 18-20 November 2022," tambahnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan