alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home global news detail berita

Muktamar Berlangsung Adem, Tidak Ada Kompetisi di Muhammadiyah

ahmad jilul qurani farid Sabtu, 19 November 2022 - 21:46 WIB
Muktamar Berlangsung Adem, Tidak Ada Kompetisi di Muhammadiyah
Peserta Muktamar Muhammadiyah di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (19/11/2022) (foto: istimewa)
LANGIT7.ID, Surakarta - Muktamar ke-48 Muhammadiyah berlangsung adem nyaris tanpa gesekan. Hal itu tampak dari jalannya persidangan hingga proses pemilihan anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Menko PMK Muhadjir Effendy yang juga menjadi salah satu calon anggota PP Muhammadiyah mengatakan sistem pemilihan di Muhammadiyah memang berbeda sebab di Muktamar Muhammadiyah tak terlihat adanya persaingan antarkandidat.

"Sistem pemilihan di Muhammadiyah tidak seperti sistem partai atau organisasi lain," kata Menko PMK Muhadjir Effendy, Sabtu (19/11/2022).

Baca juga: Haedar Nashir: Muhammadiyah Juga Punya Massa tapi Kurang Sombong

Di Muhammadiyah tidak ada pendaftaran calon ketua umum namun panitia pemilihan menyurati para kandidat yang dianggap layak untuk kemudian disaring dan ditetapkan di Tanwir sebelum Muktamar Muhammadiyah.

"206 calon yang kami surati menyatakan bersedia, lalu setelah disaring lolos 126, dalam prosesnya 7 orang meninggal dan ada yang mundur lalu ada 92 calon yang dibawa ke tanwir dan ditetapkan jadi 39 calon untuk dipilih jadi 13 di Muktamar," jelas Sekretaris Panitia Pemilihan, Budi Setiawan.

Sebanyak 39 calon anggota dipilih dalam Muktamar oleh 2600 pemilih dari 34 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah. Nantinya, akan terpilih 13 anggota PP Muhammadiyah yang akan bermusyawarah menetapkan Ketua Umum dan pengurus PP Muhammadiyah.

Ketika ditanya, sejumlah nama yang masuk dalam bursa anggota PP Muhammadiyah tidak berambisi terpilih dan memasrahkan proses kepada muktamirin.

Baca juga: Muhammadiyah Siap Jadi Kekuatan Ekonomi Besar di Indonesia

"Saya tak mau berspekulasi, itu urusan muktamirin dan Tuhan yang menentukan," kata Anwar Abbas yang meraih suara tertinggi di Tanwir Muhammadiyah.

Senada dengan Anwar, Muhadjir Effendy yang masuk dalam bursa juga menyerahkan proses kepada peserta Muktamar.

“Kalau terpilih Alhamdulillah, masya allah, kalau tidak juga alhamdulillah, kita serahkan pada muktamirin," kata Menko PMK itu.

Bahkan calon lain Imam Adduruqutni menegaskan bahwa tidak ada kompetisi dalam Muhammadiyah.

"Tidak ada kompetisi dalam Muhammadiyah apalagi langkah-langkah ambisius sampai defaming, memfitnah dan sebagainya itu tidak ada sama sekali. Tapi kalau diminta berkontribusi, yang namanya kader akan selalu siap," jelas Imam kepada LANGIT7.ID.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan