alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 27 November 2022
home lifestyle muslim detail berita

Disebut UJE Junior, Alfie Afandy: Saya Masih Kurang Kalau Dibandingkan

Fifiyanti Abdurahman Senin, 21 November 2022 - 12:37 WIB
Disebut UJE Junior, Alfie Afandy: Saya Masih Kurang Kalau Dibandingkan
Alfi Afandy yang disebut-sebut mirip dengan mendiang Ustaz Jefri Al-Buchori. Foto: Fifiyanti Abdurahman/Langit7.
LANGIT7.ID - , Jakarta - Alfie Afandy merupakan sosok aktor Tanah Air yang sangat bertalenta. Ia bisa memerankan berbagai peran mulai dari menjadi preman hingga menjadi seorang ustaz.

Seperti pada salah satu filmnya bertajuk Hijrah Cinta, pria kelahiran 3 Maret 1990 itu memerankan sebagai sosok almarhum Ustaz Jefry Al-Buchori (UJE).

Ketika membawakan peran tersebut, Alfie sapaan akrabnya dinilai memiliki kemiripan dengan UJE mulai dari suara hingga wajahnya. Karenanya, pria berusia 32 tahun itu dianggap sebagai UJE junior oleh para netizen.

Baca juga: Ustaz Khalid Basalamah: Infak adalah Kunci Pintu Rezeki

Menanggapi penilaian demikian, Alfie mengaku dari segi sifat, kebaikan, suara dan lainnya ia tidak mirip dengan UJE. Tetapi menurut suami Fitri Arifin itu, mereka memiliki satu kemiripan yakni pada tujuan.

"Beda-beda, UJE ya UJE, saya ya saya. Jadi beda cuma tujuannya sama. Sama-sama untuk Allah SWT," ujar Alfie kepada Langit7 ketika ditemui di Masjid Cut Meutia, Sabtu (19/11/2022).

Alasan Alfie menolak disamakan dengan UJE, karena ia menganggap suami Pipik Dian Irawati Popon atau Umi Pipik itu merupakan sosok yang luar biasa.

"UJE luar biasa, saya masih kurang kalau dibandingkan dengan dia," tukas Alfie.

Belakangan Alfie dikenal sebagai salah satu figur publik yang berhijrah. Saat ditemui Langit7 di Masjid Cut Meutia Jakarta, Alfie tengah menggelar acara Kopdar Bikers Dakwah, komunitas yang didirikannya. Dalam acara tersebut, Alfie menggandeng Habib Qudsi Al Habsyi dan Ustaz Fiqri Ruchyat.

Baca juga: Benarkah Jodoh Datang Tiba-tiba? Ustazah: Itu Desain Allah

Kegiatan Bikers Dakwah ini mulai dari mengajarkan Al-Qur'an hingga berceramah di berbagai tempat. Karena kegiatan ini, Alfie perlahan mulai dipanggil ustaz.

"Sekarang lagi sibuk di Bikers Dakwah, syuting, sama ngajar. Jadi kegiatan yang berkesinambungan dengan dunia masih saya lakukan," katanya.

"Kalau di Bikers Dakwah, saya setiap Senin ngajar disana tentang hukum fiqih, Selasa bahasa Arab, Rabu Iqro Quran, terus setiap hari Ahad ada kopdar yang mengundang tamu-tamu seperti habib dan lainnya," lanjut Alfie.

Alfie mulai masuk ke kegiatan keagamaan setelah pulang dari Yaman untuk belajar agama. Mulai dari sini, Alfie lebih fokus ke Islam melalui ceramah di acara-acara pengajian.

Saat ditanya kegiatannya di dunia hiburan, Alfie mengaku masih tetap dijalani. Bahkan saat ini, dia tengah disibukkan syuting dua judul sinetron sekaligus.

"Untuk syuting tahun ini masih Amanah Wali sama Duo Jago. Tahun depan belum tahu, besok saja saya belum tau hidup apa enggak ini," imbuhnya.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 27 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:44
Ashar
15:08
Maghrib
17:57
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan