Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 17 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Ustaz Khalid Basalamah: Infak adalah Kunci Pintu Rezeki

Andi Muhammad Ahad, 20 November 2022 - 12:00 WIB
Ustaz Khalid Basalamah: Infak adalah Kunci Pintu Rezeki
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Setiap manusia tentunya ingin mendapatkan kelancaran rezeki baik berupa kesehatan ataupun materi. Ada satu kunci untuk membuka banyak pintu rezeki yakni dengan berinfak di jalan Allah SWT.

Pendakwah Ustaz Khalid Basalamah mengatakan, infak adalah suatu amalan yang merupakan sebuah kunci kekayaan. Berinfak dengan ikhlas karena Allah akan membuka pintu rezeki lainnya dan mengembalikan harta yang telah diinfakkan berkali-lipat.

"Ketika kita sudah loyal dan royal di jalan Allah tanpa lagi ada batas, dan demi Allah saya bersumpah teman-teman ini adalah kunci kekayaan," ujar Ustaz Khalid dikutip di kanal Khalid Basalamah, Ahad (20/11/2022).

Baca Juga: Ustadz Hanan Attaki: Bersabar dan Bersyukur Sebagai Tanda Mukmin yang Ideal

Hal tersebut sebagaimana Ustaz Khalid kutip dari firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 261:

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Pemuka agama kelahiran Ujung Pandang ini menjelaskan bahwa infak yang dilakukan harus benar-benar ikhlas di jalan Allah tanpa harus mengumbar hingga amalan tersebut menjadi riya. Sebab riya merupakan salah satu yang dibenci Allah SWT.

Oleh karena itu, infak harus dilakukan dengan ikhlas. Tidak boleh mengungkit-ungkit apa yang telah kita beri atau keluarkan. Sebab hal tersebut juga akan menggugurkan pahala dan keutamaan dari berinfak.

"Tidak boleh menyebut-nyebut pemberiannya, kasih saja sudah karena Allah. Dan juga tidak menyakiti perasaan si penerima," jelas Ustaz Khalid.

"Saya kan sudah bantu kamu, saya kan sudah beri kamu, tidak boleh seperti itu. Dan ini menyebut-nyebut bukan hanya sekedar menghilangkan pahala tapi juga masuk dalam kategori dosa besar," imbuhnya.

Baca Juga: 6 Cara Belanjakan Harta dalam Islam, Diantaranya Hindari Israf dan Tabzir

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 17 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:56
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan