Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 19 Mei 2024
home global news detail berita

Bencana Alam Datang Bertubi-tubi, Teguran untuk Introspeksi Diri

Fifiyanti Abdurahman Rabu, 07 Desember 2022 - 15:28 WIB
Bencana Alam Datang Bertubi-tubi, Teguran untuk Introspeksi Diri
Pengungsi gempa Cianjur. Foto: Langit7/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Belakangan ini Indonesia dilanda banyak bencana alam, mulai dari banjir, gempa bumi, hingga erupsi gunung.

Pengasuh Pondok Pesantren Rumah Tahfiz Tunarungu Darul A’Shom, Yogyakarta, Ustaz Abu Kahfi mengatakan bencana alam yang terjadi belakangan ini merupakan teguran dari Allah SWT untuk manusia berintrospeksi diri.

"Kalau adanya bencana saat ini, itu termasuk teguran dari Allah SWT agar kita, baik yang melakukan dosa ataupun yang tidak tetapi mendapatkan dampaknya, harus introspeksi," ujar Ustaz Abu Kahfi kepada Langit7, Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Tegaskan Bencana Alam Bukan Azab, MUI Jabar Keluarkan Surat Edaran

Dia melanjutkan, bencana yang terjadi di bumi atas dasar amalan orang yang ada di muka bumi itu.

"Jadi amalan manusia diangkat ke langit kemudian diturunkan lagi ke bumi. Kalau amalan di dunia ini baik maka dari langit turunnya baik. Ini sudah satu hukum sunatullah," katanya.

Dalam hadis Nabi dari Thabrani dan Ibnu Abas dikatakan, "Jikalau suatu kaum mengurangi takaran timbangan, maka Allah akan menahan air dari Langit. Jika muncul perzinahan terang-terangan, maka Allah akan menampakkan kematian. Jika muncul riba di suatu kaum kecuali orang gila akan menguasai mereka. Jika muncul pembunuhan suatu kaum kecuali musuh akan memusuhi mereka. Jika menguji kaum Luth maka akan diberikan bencana longsor oleh Allah. Jika engkau meninggalkan amal ma'aruf yang Nahi Munkar atau tidak mengindahkan dakwah kebaikan maka doanya tidak akan ke langit dan akan diturunkan azab."

Baca juga: Mewujudkan Masjid Ideal sebagai Tempat Perlindungan Bencana Alam

"Jadi kalau sekarang kejadian seperti ini, maka ini ibrah buat kita supaya lebih banyak lagi bertaubat dan satu sama lain saling mengingatkan lagi," ucap Ustaz Abu Khafi.

Kemudian dalam hadis lainnya diriwayatkan oleh Abu Dawud, Abdullah bin ‘Umar radhiallahu ‘anhuma berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Apabila kalian telah berjual beli dengan cara ‘inah, dan kalian telah disibukkan memegang ekor-ekor sapi, dan telah senang dengan bercocok tanam dan juga kalian telah meninggalkan jihad, niscaya Allah subhanahu wa ta’ala akan kuasakan/timpakan kehinaan kepada kalian, tidak akan dicabut/dihilangkan kehinaan tersebut hingga kalian kembali kepada agama kalian’."

Baca juga: Sikapi Bencana Alam, Benarkah karena Ulah Manusia?

Artinya, jika kehidupan orang itu tidak teratur maka ketika Allah memberikan azab, dia tidak akan memberhentikannya sebelum mereka kembali ke agama atau bertaubat dan menyadari kesalahan-kesalahannya.

"Ini juga teguran dari Allah berarti. Kalau adanya bencana saat ini termasuk teguran dari Allah agar kita baik yang melakukan dosa ataupun yang tidak tetapi mendapatkan dampaknya, kita semua harus introspeksi," cetusnya.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 19 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan