Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home sports detail berita

Mengenal Kapten Timnas Maroko, Jantung Pertahanan Singa Atlas

Andi Muhammad Selasa, 13 Desember 2022 - 10:40 WIB
Mengenal Kapten Timnas Maroko, Jantung Pertahanan Singa Atlas
Mengenal Kapten Timnas Maroko, Jantung Pertahanan Singa Atlas. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Timnas Maroko benar-benar memberi kejutan pada gelaran Piala Dunia 2022, Qatar. Mereka mencatatkan sejarah baru sebagai negara Afrika pertama yang tembus ke semifinal piala dunia. Apalagi gawang Singa Atlas baru berhasil dibobol satu kali sejauh ini.

Dibalik tangguhnya pertahanan pasukan Walid Regragui, ada sosok peran vital namun jarang menjadi sorotan. Dia adalah sang kapten, Romain Saïss, kedisiplinannya dalam bertahan dan memandu rekan setimnya patut mendapat apresiasi lebih.

Memang ini merupakan hal yang lumrah di kancah sepakbola jika seorang pemain bertahan bak pahlawan tanpa jasa, memiliki pera n penting tapi sering terlupakan. Bek berusia 32 tahun ini juga mencetak gol pertama bagi Timnas Maroko di gelaran Piala Dunia tahun ini kala bersua Belgia pada matchday kedua, Ahad (27/11/2022).

Baca Juga: Maroko Torehkan Sejarah Piala Dunia dengan Hadirkan Kemuliaan Ibu di Lapangan Hijau

Gol tersebut pun menjadi pemicu kobaran api semangat Singa Atlas, alhasil mereka menekuk The Red Devils dengan skor akhir 2-0. Hasil tersebut merupakan kemenangan pertama Romain Saïss cs sekaligus membuka lebar pintu menuju babak 16 besar.

Ketangguhan Romain Saïss dalam mengawal lini pertahanan Timnas Maroko tak lain karena pengalamannya. Dia sempat menjadi bek andalan klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers. Enam musim bersama Wolves, posisinya bisa dibilang tak tergantikan.

Bek dengan postur tubuh 190 cm ini memulai debut bersama Wolverhampton pada musim 2016-2017 yang mana ketika itu Wolves berada di kasta kedua sepak bola Inggris Championship. Meski demikian, dia berperan penting dalam membawa klubnya itu promosi ke Liga Inggris di musim 2017-2018.

Siapa sangka, tim yang baru saja promosi dari Championship itu mampu bertengger di papan tengah klasemen Liga Inggris. Tepat pada musim 2018-2019 Wolverhampton menduduki peringkat tujuh klasemen, pencapaian tersebut tak luput dari peran Romain Saïss di lini pertahanan.

Semusim berselang, dia tetap menunjukan performa konsistennya dan membantu Wolves tembus ke perempat final Liga Eropa. Pencapaian tersebut merupakan kali pertama Wolves lolos ke perempat final sejak musim 1971-1972.

Adapun sebelum bergabung bersama Wolverhampton Wanderers, sang kapten Timnas Maroko itu pernah berseragam Angers di Liga Perancis pada musim 2015-2016. Ketika itu dia sukses menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik klub.

Bek andalan Singa Atlas itu kini membela klub raksasa Liga Turki, Besiktas. Dengan sederet pengalaman menterengnya di Liga top Eropa, tak heran Romain Saïss menjalankan tugasnya sebagai bek sekaligus kapten Timnas Maroko dengan sangat baik serta berhasil membantu Maroko tembus ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022 Qatar Digelar Dini Hari

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan