Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

Partner Bisnis Terbaik, Modal dari Nol Keuntungan Dijamin Berkah

mahmuda attar hussein Selasa, 24 Januari 2023 - 16:30 WIB
Partner Bisnis Terbaik, Modal dari Nol Keuntungan Dijamin Berkah
Partner Bisnis Terbaik, Modal dari Nol Keuntungan Dijamin Berkah. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT.ID, Jakarta - Kerja sama bisnis bisa diterapkan dengan partner atau rekan yang amanah dan berlaku adil. Ada satu patner yang bisa menjanjikan keberkahan tanpa ingkar janji.

Partner itu adalah Allah SWT. Berbisnis dengan Allah bisa memberikan manusia keberkahan dan kelancaran dalam bisnis yang dikerjakan.

Mulai dari modal, perencanaan, operasional, hingga bagi hasilnya. Semua urusan dalam bisnis dijanjikan Allah mendapatkan keberkahan asalkan mengikuti petunjuk yang sesuai syariat.

Pendakwah, Buya Yahya mengingatkan agar pebisnis dari kalangan umat Islam tidak memiliki keraguan terhadap Allah sebagai partner bisnisnya.

"Tijarah atau perdagangan yang dilakukan dengan Allah tidak akan rugi mengalami kerugian," ujar dia dalam penggalan kajiannya, dikutip Selasa (24/1/2023).

Adapun orang yang menjadikan Allah sebagai partner bisnisnya tidak akan pelit, khususnya dalam urusan sedekah.

Artinya, keimanan yang kuat tidak akan membuat seorang muslim merasa rugi saat memanfaatkan uang atau pun hasil usahanya di jalan Allah.

"Tanda keimananmu kuat adalah begitu mudahnya engkau berderma dengan apa yang Allah berikan kepadamu," katanya.

Menurutnya, tak ada alasan bagi pebisnis untuk ragu dengan Allah. Apalagi keuntungan dalam bisnis sudah dijamin oleh Yang Maha Pemberi Rezeki.

Sama halnya seperti orang yang mau mengeluarkan Rp1 miliar karena keyakinannya akan mendapatkan keuntungan bisnis. Padahal itu hanya perhitungan manusia yang masih berupa dugaan.

"Tapi itu hanya urusan duniamu, sementara urusanmu dengan Allah adalah keimanan," katanya.

Pengasuh LPD dan Pondok Pesantren Al Bahjah ini mengatakan, bisnis dengan Allah tidak hanya akan mendapatkan keuntungan duniawi, tapi juga akhirat.

Untuk itu, dia mengingatkan agar kaum muslimin sebagai pebisnis tidak hanya mengedepankan keuntungan semata, melainkan juga sedekah harta di jalan Allah.

"Kalau orang yakin dengan perhitungannya akan mendapatkan keuntungan yang yang bersifat duniawi, maka dia juga harus yakin bahwa sedekahnya di jalan Allah akan memberikannya keuntungan dunia dan akhirat," ungkapnya.

Bahwasannya Allah lah yang akan memanjangkan umur, mematikan, kemudian memasukkan manusia di alam barzah, membangkitkan manusia, dan seterusnya.

"Jadi yakinlah bahwa dengan jaminan surga akan membuatmu mudah berdermah, sekaligus bukti imanmu kepada Allah," tambahnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan