Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home home & garden detail berita

5 Tips Bersihkan Dapur, Tak Perlu Capek Buang Tenaga

mahmuda attar hussein Senin, 30 Januari 2023 - 11:30 WIB
5 Tips Bersihkan Dapur, Tak Perlu Capek Buang Tenaga
5 Tips Bersihkan Dapur, Tak Perlu Capek Buang Tenaga. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada 5 tips membersihkan dapur dengan singkat tanpa harus buang-buang tenaga. Jangan berpikir menjaga kebersihan rumah akan memakan waktu dan melelahkan.

Memang membersihkan dapur bisa PR besar. Sebab banyak noda membandel, minyak yang menumpuk, sampai kerak air.

Tapi bukan berarti enggan membersihkan dapur ketika mendapati berbagai kekacauan tersebut. Untuk itu, berikut Langit7 hadirkan 5 tips agar membersihkan dapur dapat dilakukan dengan singkat tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga.

Melansir laman Better Homes and Gardens, berikut 5 tips membersihkan dapur dengan singkat:

1. Wastafel

Bagian pembuangan air di wastafel kerap kali menimbulkan bau kurang sedap. Hal itu ditimbulkan dari bekas sampah yang menumpuk pada saluran pembuangan.

Sahabat bisa menggunakan es batu yang dicampur dengan lemon. Cara membuatnya, cukup isi wadah es dengan potongan lemon, garam, dan air.

Setelah membeku, buang es batu lemon tersebut ke saluran pembuangan wastafel. Kemudian siram dengan air hingga es batu menghilang.

Dengan begitu noda pada saluran pembuangan akan bersih dan lemonnya akan membantu menjaga wastafel tetap segar.

2. Oven

Sahabat bisa membersihkan oven dengan mudah. Bahkan oven bisa dibersihkan sembari tidur.

Caranya dengan menyemprotkan larutan yang terdiri dari 1/3 cangkir air, 1/3 cangkir cuka putih, dan 1/2 cangkir soda kue. Lalu biarkan larutan tersebut selama 12 jam.

Setelah itu, bersihkan oven dengan air sabun dan keringkan menggunakan air lembut. Dengan begitu, noda bekas masak membandel sekalipun akan ikut musnah.

3. Lemari Kayu

Jangan biarkan lemari kayu di dapur tampak kusam karena usia. Sahabat bisa membuatnya berkilau kembali dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

Caranya, cukup semprotkan minyak lemon dengan cuka putih pada permukaan lemari kayu. Kemudian langsung lap dengan kain mikrofiber.

Larutan ini juga bisa Sahabat gunakan untuk sesuatu yang terbuat dari kayu. Seperti pintu, nampan kayu, dan sebagainya.

4. Tudung Asap

Tudung asap di dapur juga harus dibersihkan agar tak meninggalkan bau bekas uap masakan.

Tudung asap biasanya menjadi tempat tinggal bagi minyak. Bila tak dibersihkan tentu akan menimbulkan kekacauan di dapur, terlebih saat terlalu banyak debu yang melekat di sana.

Salah satu trik membersihkannya yaitu dengan menggunakan minyak sayur. Cukup tambahkan beberapa tetes minyak sayur ke kain atau handuk kertas, bersihkan permukaannya dari debu yang menempel dan kerak, maka kotoran akan hilang.

5. Loyang Stainless

Loyan stainless yang ada di oven tentu akan mengalami kerak dan kusam seiring waktu. Nah, jangan biarkan loyang tersebut menjadi kusam apalagi bila Sahabat masih menggunakannya untuk memasak

Sahabat bisa meremajakan loyang lama dengan menggunakan hidrogen peroksida dan soda kue. Kombinasi keduanya mampu menyulap loyang usang menjadi tampak baru.

Cukup taburi soda kue diikuti dengan beberapa semprotan hidrogen peroksida, lalu tambahkan dengan soda kue berikutnya. Biarkan selama beberapa jam dan cuci loyang dengan bersih

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan