Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 25 September 2023
home home & garden detail berita

5 Tips Mengatur dan Mempersiapkan Dapur Jelang Ramadhan

Suandri Ansah Kamis, 16 Maret 2023 - 23:40 WIB
5 Tips Mengatur dan Mempersiapkan Dapur Jelang Ramadhan
Ilustrasi dapur yang tertata rapih dan bersih. (Foto: Langit7.id/iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Dapur menjadi bakal semakin sibuk selama Ramadhan. Karenanya, penting bagi untuk mempersiapkan dan mengatur dapur sebaik mungkin agar ibadah puasa dapat dilakukan dengan nyaman dan lancar.

Menata dapur jelang Ramadhan sangat penting karena dengan persiapan yang baik, kita dapat menghemat waktu dan tenaga saat memasak sahur dan berbuka puasa. Dapur yang tertata dengan baik juga dapat membantu memudahkan kita dalam mengatur dan menyimpan berbagai jenis makanan yang dibutuhkan selama Ramadhan.

Baca Juga: Tips Menjadi Pemenang di Bulan Suci Ramadhan

Hal ini juga dapat membantu kita untuk menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi selama bulan suci ini. Berikut 5 Tips Mengatur dan Mempersiapkan Dapur Jelang Ramadhan:

1. Stok makanan kering

Persiapan untuk bulan Ramadhan dimulai dengan membeli bahan makanan kering seperti tepung, garam, bumbu dapur, cabai, rempah-rempah, telur, dan sebagainya. Kulkas yang terisi penuh jelang Ramadhan sungguh enak dilihat.

Selain itu, ketersediaan stok membuat tidak perlu repot-repot pergi ke toko bahan makanan. Sehingga, Bunda bisa lebih berkonsentrasi dalam ibadah Ramadhan.

2. Selalu sediakan banyak roti atau camilan

Selepas berbuka hasrat ngemil bertambah, apalagi saat kita malas sahur dengan makanan berat. Menyediakan roti maupun camilan yang bisa mendorong nafsu makan akan sangat membantu keperluan dapur.

3. Bersihkan rumah

Saat kita berpuasa, cukup sulit untuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang berat. Membersihknan rumah dan dapur jelang Ramadhan akan membantu berkonsetrasi selama ibadah puasa.

Baca Juga: Tanda Sudah Siap Sambut Ramadhan, Dzahir dan Batin Bersih

4. Isi lemari es

Sama seperti dapur, mengisi lemari es juga sama pentingnya. Lemari es yang terisi tentu akan menghilangkan kesulitan berbelanja saat kita hendak makan atau ngemil saat ibadah malam atau jelang santap sahur.

Jauh lebih mudah untuk memiliki bahan makanan pokok dan daging di dalam lemari es.

5. Buat menu mingguan

Mempersiapkan diri untuk Ramadhan dapat dilakukan dengan membuat menu mingguan yang terencana. Memulai Ramadhan dengan rencana yang matang pasti akan membuat urusan masak memasak di bulan puasa tidak terlalu berat.

Baca Juga:

5 Cara Puasa Ramadhan Membangun Karakter Takwa Seorang Muslim

Tips Dekorasi Rumah untuk Menyambut Ramadhan 2023


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 25 September 2023
Imsak
04:16
Shubuh
04:26
Dhuhur
11:48
Ashar
14:57
Maghrib
17:51
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan