Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 Juli 2024
home home & garden detail berita

5 Tips Merawat Lantai Rumah Tetap Awet saat Musim Hujan

Suandri Ansah Rabu, 15 Februari 2023 - 14:22 WIB
5 Tips Merawat Lantai Rumah Tetap Awet saat Musim Hujan
Meletakkan keset di pintu masuk menjadi salah satu cara lantai tetap awet selama musim hujan. Foto: iStock.
LANGIT7.ID - , Jakarta - Perawatan lantai sangat penting untuk menghindari bahaya terpeleset, terutama ketika menghadapi musim hujan. Alasan lainnya adalah agar menghemat biaya memperbaiki lantai yang rusak.

Musim hujan bisa menjadi musuh bagi kebersihan lantai rumah. Berikut adalah 5 tips sederhana yang dapat membantu Anda merawat lantai dengan baik selama musim hujan dilansir Zothex:

Baca juga: Tertarik Lantai Semen? Hal Berikut Perlu Diketahui


1. Keset dan karpet


Memasang karpet atau alas kaki di area-area yang sering dilalui untuk menghindari terjadinya goresan atau abrasi pada lantai. Gunakan mats dengan bulu tebal untuk pintu masuk utama luar dan karpet murah untuk pintu masuk.


2. Manfaatkan handuk atau kain bekas


Letakkan handuk atau kain bekas di dekat pintu masuk untuk menyeka kaki yang basah dan kotor. Ini adalah cara tercepat dan nyaman untuk memastikan tidak ada air bercipratan di lantai.

Baca juga: Cara Perbaiki Lantai Ubin yang Kembung, Hati-Hati Malah Pecah


3. Tirai teras


Tutupi teras dengan memasang tirai kayu atau penutup lain. Dengan demikian siapa pun yang memasuki rumah otomatis akan menyeka, atau melepas sepatu mereka di luar sebelum masuk.


4. Bersihkan sesegera mungkin


Jaga kebersihan lantai dengan menyapu atau menyeka air di permukaannya sesegera mungkin dan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur dan kerak.

Baca juga: Lantai Masjidil Haram Tetap Dingin Meski Cuaca Panas, Ini Penjelasannya


5. Perhatikan cairan pembersih lantai


Gunakan cairan pembersih yang sesuai dengan jenis lantai, seperti pembersih dengan pH netral untuk lantai kayu dan marmer.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:55
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan