Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home home & garden detail berita

5 Cara Jenius Agar Rumah Selalu Tertata Rapi dan Apik

Suandri Ansah Jum'at, 03 Februari 2023 - 21:11 WIB
5 Cara Jenius Agar Rumah Selalu Tertata Rapi dan Apik
Rumah yang tertata rapi dan apik menghadirkan kenyamanan bagi penghuninya. Foto: LANGIT7/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , - Rumah yang tertata rapi membuat hidup lebih nyaman dan menciptakan suasana yang lebih baik. Tetapi menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah memerlukan strategi dan kerja keras.

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk kembali membuat rumah rapi dan apik bisa sangat melelahkan. Karenanya, diperlukan kebiasaan harian agar kondisi perabotan di dalam rumah tetap teratur.

Baca juga: Rapikan Rumah jelang Ramadhan, Bikin Ibadah Makin Tenang

Berikut adalah beberapa cara jenius untuk menjaga rumah tetap teratur dan rapi dilansir Best Life:


1. Tidak Menyimpan Barang Usang


Apa yang sudah dipakai beraktivitas segera singkirkan ke tempat di mana ia seharusnya berada. Misalnya, tidak menggantung kembali kemeja yang telah seharian membungkus tubuh ketika beraktivitas meskipun Anda sangat menyukai modelnya.


2. Belilah Barang yang Benar-Benar Dibutuhkan


Islam mengajarkan tidak berlaku boros, dalam hal ini ketika membeli barang-barang rumah tangga. Jika ingin rumah tampak rapi dan teratur, maka hal terbaik yang dapat dilakukan adalah selektif saat berbelanja.

Baca juga: Tips Memelihara Taman Rumah agar Tetap Indah dan Sedap Dipandang

Sebelum membeli sesuatu, tanyakan pada diri sendiri, 'Apakah saya benar-benar membutuhkan ini?' 'Apakah saya masih akan membeli ini jika tidak dijual?' 'Jika saya membawa ini ke rumah saya, apakah saya punya tempat untuk menyimpannya?'

Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah 'tidak,' maka tinggalkanlah.


3. Ceklis Pekerjaan Rumah


Bunda bisa membuat daftar ceklis pekerjaan rumah apa saja yang harus dibersihkan dan dirapikan. Memiliki daftar periksa pembersihan rumah secara pekanan adalah cara yang bagus untuk mengingatkan anggota keluarga tentang hal-hal yang perlu diselesaikan.

Dengan daftar ini, anak-anak juga bisa dilatih kemandirian dengan bertanggung jawab terhadap kamar atau mainannya. Ayah juga akan mudah menemukan sepatu atau dasi sebelum berangkat bekerja karena daftar ceklis membantu mengorganisir semuanya.


4. Buang yang Tidak Perlu


Kecuali kenangan, buang barang-barang yang tidak diperlukan dari dalam rumah. Memindahkan barang berserak ke tempat lain pada dasarnya sama seperti bom waktu yang kapan saja bisa meledak.

Baca juga: Intip 4 Model Sofa Tunggal untuk Nikmati Me Time di Rumah

Mulailah dengan memeriksa barang-barang dan putuskanapa saja yang ingin dipertahankan. Setelah kelebihannya dibersihkan, sekarang saatnya untuk melihat apa yang cocok dan meningkatkan kehidupan yang ingin Anda jalani.


5. Maksimalkan Peran Laci untuk Barang-Barang Kecil


Manfaatkan laci meja atau lemari untuk menyimpan barang-barang kecil seperti remot televisi, kunci kendaraan, alat tulis, dan sebagainya. Buatlah ruang-ruang kecil di dalamnya lalu beri label sehingga mudah untuk menempatkan barang setelah digunakan.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan