Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home home & garden detail berita

Rumah Ideal dalam Islam, Harus Jadi Sarana Tingkatkan Kesalehan Keluarga

Muhajirin Jum'at, 17 Maret 2023 - 06:00 WIB
Rumah Ideal dalam Islam, Harus Jadi Sarana Tingkatkan Kesalehan Keluarga
Ilustrasi Mushola dalam rumah (Foto: dekoruma)
LANGIT7.ID, Jakarta - Rumah Ideal dalam Islam adalah sebuah rumah yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan dalam ajaran agama Islam. Selain memiliki fungsi sebagai tempat tinggal, rumah juga harus dapat memfasilitasi aktivitas keagamaan pemilik rumah dan keluarga, seperti adanya ruang khusus untuk salat seperti musala.

Pengasuh di Masjid Tahfizh Marzukiyyah, Ustadz Marzuki, menjelaskan, ada dua kriteria penting rumah ideal seorang muslim. Hal itu berdasarkan doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dua kriteria rumah seorang muslim di antaranya:

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah untuk Menyambut Ramadhan 2023

1. Ada Musala

Rumah ideal seorang muslim harus memiliki mushalla atau tempat khusus untuk shalat. Hal berdasarkan doa yang sangat masyhur di kalangan umat Islam, yaitu Rabbana Atina Fiddunya Hasanah wafil akhiroti Hasanah waqina adzabannar.

"Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta hindarkanlah kami dari siksa neraka."

Maka, sangat penting bagi pemilik rumah untuk merancang rumah dengan ruang khusus untuk salat yang memperhatikan kebutuhan ruang yang luas untuk kegiatan keagamaan dan tamu. Dengan merancang rumah seperti ini, pemilik rumah telah memenuhi kriteria rumah ideal dalam Islam.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah Mungil, Hasil dari Slow Decorating

"Rumah yang ideal adalah rumah yang memiliki kamar tidur, kamar atau ruang makan, kamar mandi, kamar tamu, dan kamar salat khusus,” kata Ustadz Marzuki dalam salah satu tausiahnya, dikutip Kamis (16/3/2023).

Setiap muslim dianjurkan membaca doa tersebut setelah salat. Dengan membaca doa itu, pemilik rumah diharapkan dapat hidup dengan sejahtera di dunia dan akhirat serta menjadi pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

2. Diisi oleh Keluarga yang Saleh

Rumah ideal tidak hanya tampilan fisik saja, tetapi keluarga yang menempati rumah tersebut tumbuh dalam keadaan bertakwa kepada Allah Ta’ala. Hal itu bisa diraih dengan pendidikan Islam yang diterapkan dalam rumah yang berdasarkan doa Nabi Ibrahim:

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah Biar Lebih Nyaman Kumpul Keluarga

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa ini menekankan pentingnya keluarga yang harmonis dan selalu diliputi ketakwaan kepada Allah. Menurut tafsir Ibnu Katsir, Rabbana Atina Fiddunya Hasanah dapat diartikan sebagai memperoleh Al Mar'atus Sholihah atau wanita yang salehah.

Baca Juga: 5 Ide Dekorasi Edisi Ramadan, Terapkan Gaya Timur Tengah

Oleh karena itu, rumah ideal dalam Islam harus memiliki istri yang salehah dan menjadi penyejuk hati bagi keluarga. Istri salehah sebagai madrasah bagi anak akan menciptakan generasi Rabbani di masa depan.

Al Mar'atus Sholihah kita baru bisa dikatakan mendapatkan dunia Hasanah,” ujar Ustadz Marzuki.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan