Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 15 Juni 2024
home home & garden detail berita

5 Ide Dekorasi Edisi Ramadan, Terapkan Gaya Timur Tengah

mahmuda attar hussein Sabtu, 25 Februari 2023 - 11:40 WIB
5 Ide Dekorasi Edisi Ramadan, Terapkan Gaya Timur Tengah
Ilustrasi. (Foto: Langit7.id/iStock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Dalam kurun waktu sebulan lagi, umat Islam akan menyambut kedatangan bulan Ramadan 1444 Hijriah. Dekorasi rumah bisa dilakukan demi memeriahkan kedatangan bulan suci penuh berkah itu.

Ada kemeriahan di bulan Ramadan yang tidak ada di bulan-bulan lainnya. Di mana orang-orang akan lebih banyak berkumpul dengan keluarga untuk buka bersama.

Hal itu akan sangat tepat bila dilengkapi dengan suasana yang mendukung. Untuk itu, dekorasi rumah bisa dilakukan demi menambah kehangatan bersama orang-orang terdekat.

Baca Juga: UAH: Ramadan Bukti Keunggulan Umat Nabi Muhammad dari Umat Sebelumnya

Setidaknya, ada 5 ide dekorasi rumah edisi menyambut bulan suci Ramadan. Melansir dari laman Zamzam, Sabtu (25/2/2023), berikut rekomendasinya:

1. Fanoos

Fanoos adalah lentera tradisional yang biasa digunakan untuk memeriahkan bulan suci Ramadan. Ukiran dan desain pada fanoos ini sangat kental dengan nuansa Timur Tengah.

Bahkan, fanoos telah menjadi ikon bulan suci Ramadan di seluruh dunia dan menciptakan suasana meriah. Fanoos ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk dekorasi rumah, tapi juga kantor, pusat perbelanjaan, jalan, dan lainnya.

2. Lilin Aromaterapi

Selain lentera, ide pencahayaan dengan menggunakan lilin aromaterapi juga bisa digunakan. Cahayanya yang redup dan aromaterapinya bisa membantu memperbaiki suasana hati seseorang.

Lilin beraroma adalah cara yang bagus untuk membuat ruangan terasa lebih ramah dan spiritual selama Ramadan. Adapun aroma yang bisa digunakan seperti lavender, bunga mawar, peony, dan lainnya.

3. Permadani

Ramadan merupakan kesempatan ideal untuk mendekorasi dan mendesain ulang rumah. Sehingga tampilan ruangan bisa lebih baru dan meriah.

Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah dengan menghamparkan permadani untuk sebuah ruangan. Permadani ini akan menambahkan sentuhan vintage dan klasik.

Beberapa jenis permadani yang bisa dipilih seperti karpet berumbai, karpet shaggy, dan karpet oriental. Kombinasikan corak dan warna permadani agar bisa selaras dengan perabotan lainnya di rumah.

Baca Juga: Puasa Ramadhan 29 Hari Lagi, Ini 5 Persiapan Agar Ibadah Maksimal

4. Meja Makan

Akan ada banyak sekali kesempatan orang-orang untuk berkumpul dan makan bersama. Untuk itu, meja makan tidak terlewat dari sentuhan dekorasi.

Dekorasi meja makan bisa dilakukan dengan memilih taplak meja sesuai dengan momen Ramadan. Di antaranya corak bergaya Islami, warna hijau, lengkap dengan lilin aromaterapi dan sendok-garpu berwarna perak mengkilap.

Jangan lupa untuk menjadikan takjil buah-buahan sebagai ornamen dekorasi. Letakkan buah-buahan seperti kurma, kacang-kacangan, dan lainnya dengan wadah yang menarik.

5. Balon

Balon juga bisa digunakan untuk dekorasi Ramadan. Mulai dari balon berbentuk huruf, hingga balon warna warni pada umumnya.

Susun balon huruf tersebut hingga membuat kata "Ramadan". Kemudian gunakan balon berwarna-warni untuk melengkapi bagian langit-langit rumah.

Dengan begitu, kesan kemeriahan akan didapatkan sekaligus menciptakan suasana Ramadan yang semakin ceria.

Baca Juga:

Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Sambut Ramadan dari Hati

Ramadan Sebentar Lagi, Sambut dengan Lagu Religi Ini


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 15 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:18
Maghrib
17:49
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan