LANGIT7.ID - , Jakarta - Indonesia memiliki
populasi Muslim terbesar di dunia, sekitar 229 juta jiwa. Fakta ini menjadikan
Ramadan sebagai momen yang paling banyak diamati di Indonesia.
Selama bulan suci pengeluaran konsumen cenderung meningkat, antara lain untuk kebutuhan
berbuka puasa, tiket perjalanan, hingga berbelanja oleh-oleh.
Baca juga: Jelang Akhir Tahun Tren Belanja Daring di Ponsel MeningkatSelain itu, persiapan menyambut
Idul Fitri juga turut memacu belanja konsumen yang bersemangat ingin merayakan hari kemenangan setelah berpuasa sebulan lamanya.
Laporan penyedia konten, pemasaran, dan teknologi monetisasi, InMobi mengungkapkan bahwa ada rencana kenaikan belanja Ramadhan tahun 2023. Hal ini seiring konsumen yang berangsur-angsur mengalami pemulihan menuju normal.
“Setiap tahun, kemeriahan bulan Ramadan memicu gelombang aktivitas belanja yang masif di Indonesia. Kami memperkirakan akan terjadi lonjakan tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang kurang terdengar," kata Managing Director Asia Pasifik InMobi, Rishi Bedi.
Dalam laporan itu disebutkan sekitar 60 persen responden berencana membelanjakan setidaknya Rp3 juta untuk Ramadan tahun ini. Angka ini mengalami kenaikan empat persen dari Ramadan tahun lalu.
Baca juga: Hasil Riset: Banyak Orang Mulai Belanja Ramadhan H-30 PuasaKemudian, kebiasaan mobile-centric mempengaruhi 98 persen responden untuk mengeksplorasi penawaran, produk, dan brand untuk Ramadan di perangkat seluler (mobile). Dan 56 persen lebih memilih seluler sebagai saluran pembelian utama mereka.
"Menariknya, ponsel tetap dominan sebagai saluran pilihan untuk berbelanja, hiburan, dan bahkan kegiatan keagamaan di antara konsumen meskipun pembatasan perjalanan dan pertemuan fisik dilonggarkan,” kata Rishi Bedi.
“Dengan demikian, brand harus terus secara proaktif memaksimalkan visibilitas dan jangkauan mereka untuk menargetkan segmen konsumen di platform digital ini dan lainnya.” tambahnya.
Laporan ini membagikan wawasan tambahan tentang preferensi belanja konsumen selama Ramadan, serta perilaku pembelian dan penggunaan seluler lainnya:
Baca juga: Tipe-tipe Orang Belanja Online, Sahabat Masuk Kategori Mana?• 72 persen responden adalah Penjelajah Kategori yang menghabiskan waktu merencanakan dan meneliti pembelian mereka secara online – dengan 31 persen memulai penelusuran satu bulan sebelum Ramadan.
• 1 dari 3 total unduhan aplikasi di Indonesia adalah aplikasi belanja, dengan puncak unduhan terjadi pada dua bulan sebelum Ramadan.
• Responden paling aktif menggunakan ponsel mereka pada sore dan malam hari, dengan lonjakan aktivitas seluler terlihat sebelum sahur dan setelah buka puasa.
(est)