Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 April 2025
home wirausaha syariah detail berita

Riset: Konsumen Rencana Habiskan Rp3 Juta untuk Belanja Ramadan

fajar adhitya Rabu, 08 Februari 2023 - 15:19 WIB
Riset: Konsumen Rencana Habiskan Rp3 Juta untuk Belanja Ramadan
Ilustrasi persiapan belanja kebutuhan bulan Ramadan. Foto: iStock.
LANGIT7.ID - , Jakarta - Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, sekitar 229 juta jiwa. Fakta ini menjadikan Ramadan sebagai momen yang paling banyak diamati di Indonesia.

Selama bulan suci pengeluaran konsumen cenderung meningkat, antara lain untuk kebutuhan berbuka puasa, tiket perjalanan, hingga berbelanja oleh-oleh.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun Tren Belanja Daring di Ponsel Meningkat

Selain itu, persiapan menyambut Idul Fitri juga turut memacu belanja konsumen yang bersemangat ingin merayakan hari kemenangan setelah berpuasa sebulan lamanya.

Laporan penyedia konten, pemasaran, dan teknologi monetisasi, InMobi mengungkapkan bahwa ada rencana kenaikan belanja Ramadhan tahun 2023. Hal ini seiring konsumen yang berangsur-angsur mengalami pemulihan menuju normal.

“Setiap tahun, kemeriahan bulan Ramadan memicu gelombang aktivitas belanja yang masif di Indonesia. Kami memperkirakan akan terjadi lonjakan tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang kurang terdengar," kata Managing Director Asia Pasifik InMobi, Rishi Bedi.

Dalam laporan itu disebutkan sekitar 60 persen responden berencana membelanjakan setidaknya Rp3 juta untuk Ramadan tahun ini. Angka ini mengalami kenaikan empat persen dari Ramadan tahun lalu.

Baca juga: Hasil Riset: Banyak Orang Mulai Belanja Ramadhan H-30 Puasa

Kemudian, kebiasaan mobile-centric mempengaruhi 98 persen responden untuk mengeksplorasi penawaran, produk, dan brand untuk Ramadan di perangkat seluler (mobile). Dan 56 persen lebih memilih seluler sebagai saluran pembelian utama mereka.

"Menariknya, ponsel tetap dominan sebagai saluran pilihan untuk berbelanja, hiburan, dan bahkan kegiatan keagamaan di antara konsumen meskipun pembatasan perjalanan dan pertemuan fisik dilonggarkan,” kata Rishi Bedi.

“Dengan demikian, brand harus terus secara proaktif memaksimalkan visibilitas dan jangkauan mereka untuk menargetkan segmen konsumen di platform digital ini dan lainnya.” tambahnya.

Laporan ini membagikan wawasan tambahan tentang preferensi belanja konsumen selama Ramadan, serta perilaku pembelian dan penggunaan seluler lainnya:

Baca juga: Tipe-tipe Orang Belanja Online, Sahabat Masuk Kategori Mana?

• 72 persen responden adalah Penjelajah Kategori yang menghabiskan waktu merencanakan dan meneliti pembelian mereka secara online – dengan 31 persen memulai penelusuran satu bulan sebelum Ramadan.

• 1 dari 3 total unduhan aplikasi di Indonesia adalah aplikasi belanja, dengan puncak unduhan terjadi pada dua bulan sebelum Ramadan.

• Responden paling aktif menggunakan ponsel mereka pada sore dan malam hari, dengan lonjakan aktivitas seluler terlihat sebelum sahur dan setelah buka puasa.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 April 2025
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan