Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home home & garden detail berita

Tips Jaga Keindahan Rumah di Gang Sempit dan Padat Penduduk

Muhajirin Senin, 20 Februari 2023 - 05:00 WIB
Tips Jaga Keindahan Rumah di Gang Sempit dan Padat Penduduk
Rumah di gang sempit (foto: istimewa)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Mengelola kebersihan dan keindahan rumah merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan dalam lingkungan rumah, terutama bagi penduduk di kota besar seperti Jakarta. Untuk menjaga kebersihan dan keindahan rumah di lingkungan yang padat penduduk dapat menjadi tantangan tersendiri.

Memiliki rumah di gang sempit dan padat penduduk menjadi tantangan dalam menjaga kebersihan dan keindahan rumah. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan dan keindahan rumah di gang sempit dan padat penduduk:

1. Rutin Bersihkan Halaman dan Jalan di Depan Rumah

Rutin membersihkan halaman dan jalan di depan rumah sangat penting untuk mencegah tumpukan sampah dan debu. Tumpukan sampah dan debu dapat menjadi sarang penyakit dan juga mengganggu kesehatan lingkungan sekitar. Selain itu, tumpukan sampah dan debu juga dapat menarik hewan pengganggu seperti tikus, serangga, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Tema Dekorasi Rumah Berkonsep Alam, Begini Tips Desainnya

Membersihkan halaman dan jalan di depan rumah juga dapat meningkatkan tampilan dan estetika rumah Anda. Halaman dan jalan yang bersih akan memberikan kesan yang baik dan menarik bagi pengunjung yang datang. Selain itu, membersihkan halaman dan jalan juga dapat membantu mencegah terjadinya kecelakaan akibat licin atau berbahaya di area sekitar rumah.

2. Jangan Buang Sampah Sembarangan di Depan Rumah

Membuang sampah sembarangan di depan rumah bukan hanya merusak tampilan lingkungan sekitar, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan dan lingkungan. Sampah yang dibiarkan berserakan di jalan atau depan rumah dapat menarik hewan pengganggu seperti tikus dan serangga, dan juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan merusak kesehatan.

Anda dapat mempraktikkan 3R yaitu reduce (mengurangi sampah), reuse (menggunakan kembali barang yang masih dapat digunakan), dan recycle (mendaur ulang sampah yang masih dapat didaur ulang). Hal itu sebagai sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan memperbaiki lingkungan sekitar.

Baca Juga: 4 Dekorasi Simpel Kolam Ikan Kekinian di Halaman Rumah

3. Manfaatkan Setiap Suhut Rumah dengan Baik

Memanfaatkan setiap sudut rumah dengan baik dapat membantu rumah terlihat lebih luas dan teratur, terutama jika rumah Anda kecil. Hal ini dapat memberikan kesan yang lebih menyenangkan dan nyaman untuk ditinggali.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan setiap sudut rumah dengan baik. Seperti menggunakan furnitur multifungsi serta memanfaatkan dinding untuk menyimpang barang-barang kecil seperti buku dan hiasan dinding.

Anda juga bisa membuat lemari di bawah tangga untuk menyimpan atau tempat meletakkan barang-barang kecil. Dapat juga memanfaatkan ruang di bawah tempat tidur. Gunakan ruang di bawah tempat tidur sebagai tempat penyimpanan seperti kotak atau rak kecil untuk menyimpan barang-barang kecil seperti sepatu atau pakaian.

Baca Juga: Jangan Percaya Mitos, Begini Padangan Islam soal Rumah Tusuk Sate

4. Pilih Perabotan yang Sesuai Ukuran Ruangan

Jika ruangan Anda kecil, sebaiknya hindari memilih perabotan yang terlalu besar atau terlalu banyak. Hal ini dapat membuat ruangan terasa sempit dan berantakan. Sebaliknya, pilihlah perabotan yang ringkas dan fungsional. Misalnya, jika Anda membutuhkan meja kerja di kamar tidur, pilihlah meja yang memiliki ukuran yang proporsional dengan ukuran kamar tidur Anda.

Perhatikan juga bentuk dan desain perabotan yang akan Anda pilih. Perabotan dengan desain minimalis, sederhana, dan elegan akan terlihat lebih cocok untuk ruangan yang kecil. Hindari perabotan dengan desain yang terlalu rumit atau banyak ornamen, karena hal ini dapat membuat ruangan terlihat lebih penuh.

Anda juga dapat memilih perabotan yang memiliki beberapa fungsi, seperti lemari yang memiliki laci atau rak tambahan. Ini akan membantu menghemat ruang dan membuat ruangan terlihat lebih rapi dan teratur.

Baca Juga: Tips Tinggal di Rumah Tusuk Sate, Yakin Bawa Sial?

5. Gunakan Cat Warna Cerah

Pemilihan warna cat dapat memberikan dampak yang signifikan pada tampilan dan suasana ruangan. Warna cerah, seperti putih, krem, atau abu-abu terang, dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas, terang, dan segar.

Warna-warna tersebut juga dapat membantu menambahkan cahaya alami ke dalam ruangan, yang sangat penting jika Anda tinggal di gang sempit yang kurang mendapatkan sinar matahari. Selain itu, cat dengan warna cerah juga dapat membuat ruangan terlihat lebih bersih dan teratur.

6. Jangan Tumpuk Barang-Barang tidak Diperlukan

Menjaga agar rumah tetap teratur dan rapi adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, terutama jika Anda tinggal di gang sempit dengan ruang terbatas. Salah satu cara untuk menjaga rumah tetap rapi adalah dengan tidak menumpuk barang-barang yang tidak diperlukan di depan atau di dalam rumah.

Baca Juga: 5 Tips Rawat Tanaman Hias Indoor agar Tidak Mudah Layu

Anda dapat memanfaatkan lemari atau rak untuk menyimpan barang-barang tersebut agar tidak menumpuk dan terlihat berantakan. Pilihlah lemari atau rak yang sesuai dengan ukuran ruangan dan kebutuhan Anda. Jika ruangan Anda kecil, pilihlah lemari atau rak yang tidak terlalu besar agar tidak memakan banyak ruang.

7. Ciptakan Suasana Nyaman dan Sejuk dengan Tanaman Hias

Jika Anda tinggal di gang sempit dan padat penduduk, menanam tanaman di halaman rumah dapat memberikan kesan yang lebih asri dan sejuk di lingkungan sekitar Anda. Anda dapat memilih tanaman yang mudah dirawat dan cocok untuk ditanam di lingkungan perkotaan, seperti tanaman hias atau tanaman buah kecil seperti cabai atau tomat.

Selain itu, menanam tanaman di dalam rumah juga dapat memberikan manfaat yang sama. Tanaman indoor dapat membantu membersihkan udara di dalam ruangan dan memberikan kesan yang lebih segar dan nyaman di lingkungan sekitar Anda. Beberapa contoh tanaman indoor yang cocok untuk ditanam di dalam rumah adalah peace lily, spider plant, snake plant, dan lain-lain.

Baca Juga: Tanaman Hias Kaktus Bisa Membuat Ruangan Rumah Lebih Indah

Pastikan Anda memilih tanaman yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan dan kondisi rumah Anda. Berikan perawatan yang tepat agar tanaman tetap tumbuh subur dan memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan dan keindahan rumah Anda.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan