Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home community detail berita

Sambut Idul Adha, Qurban BMH Fokus Pada Penguatan Dakwah

Muhajirin Ahad, 11 Juni 2023 - 21:00 WIB
Sambut Idul Adha, Qurban BMH Fokus Pada Penguatan Dakwah
Sambut Idul Adha, qurban BMH fokus pada penguatan dakwah
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Direktur Utama Baitul Mal Hidayatullah (BMH), Supendi, menyatakan, qurban salah satu ibadah yang memiliki dimensi ketaatan dan dimensi sosial. Itu karena dalam ibadah tersebut ada spririt berbagi.

Hal itu ia sampaikan dalam dalam kegiatan 'Lumbung Ternak Kampung Mualaf Baduy' di Desa Cibungur, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (10/6/2023).

“BMH sebagai Laznas sudah 20 tahun berkecimpung menyelenggarakan qurban. Alhamdulillah dari waktu ke waktu semakin baik,” kata Supendi saat menjelaskan persiapan qurban tahun 1444 H dalam keterangan pers kepada Langit7.id, Ahad (11/6/2023).

Selama itu lebih dari 150 ribu hewan qurban yang sudah tersalurkan, dengan penerima manfaat lebih dari 9 juta dari Sabang sampai Merauke bahkan mancanegara.

Dalam kurun waktu itu lanjut Supendi ada yang tidak berubah, dan terus dipertahankan yakni qurban BMH fokus pada penguatan dakwah. Pihaknya menyakini bahwa qurban ini bagian dari syiar yang cukup efektif.

Baca juga:Islam Sangat Muliakan Manusia, Ajarkan Perlindungan dan Anti-Diskriminasi

Dia menjelaskan, BMH pada Idul Qurban selalu menyalurkan hewan qurban ke berbagai wilayah terpencil, terluar dan terdalam di tanah air. Namun untuk tahun ini BMH akan melaksanakan qurban juga ke sejumlah negara di Afrika dan Asia.

Adanya mitra kerja seperti Dai Tangguh memudahkan BMH mendistribusikan kebaikan qurban ini. "Mereka bukan sekadar melaksanakan penyaluran, tetapi juga mitra pengadaan. Maka qurban itu dari jauh-jauh hari kita siapkan," ungkapnya.

Mengenai qurban di luar negeri BMH berkerja sama dengan Al-Khair Foundation. Negara-negara yang akan menerima hewan kurban BMH di antaranya Kenya, Uganda, Somalia, Myanmar (Muslim Rohingya), dan beberapa negara lain.

"Kita punya mitra di luar negeri, baik di Afrika maupun di Myanmar. Salah satunya Al-Khair Foundation. Kami juga mendalami agar punya peluang untuk mengirim kurban ke negara-negara ASEAN, seperti Timor Leste, dan para Muslim Moro di Filipina," tuturnya.

Sementara itu, tambah Supendi semua Qurban di BMH tetap disalurkan dalam bentuk daging, sehingga masyarakat bisa menikmati, memasak sesuai dengan kearifan lokal daerahnya. Adapun tahun ini, BMH mengambil tema Qurban Bukti Nyata Kebaikan.

“Kami mengajak masyarakat mari kita berazzam tahun ini bisa berqurban, sesuai dengan kemampuan kita masing-masing melalui BMH,”ujar Supendi mengakhiri.

Hadirkan Lumbung Ternak
BMH mengenalkan lumbung ternak yang berada di Kampung Mualaf Baduy. “Saat ini ada 30 ekor hewan ternak yang telah disiapkan,”ujar Mahmudin penanggungjawab pelaksana Qurban BMH tahun ini.

Mahmudin mengatakan Lumbung Ternak ini merupakan program pemberdayaan masyarakat. “Jadi kami berharap konsep ini meningkatkan kualitas dan kuantitas qurban BMH yang terus meningkat setiap tahunnya,” ungkapnya.

Di atas lahan seluas 3 ribu meter persegi itu terdapat kandang, tempat pakan, dan penanaman rumput. Menariknya lumbung ternak ini tidak hanya hadir Baduy saja, ada juga di Jasinga, Gunung Kidul, termasuk 2 derah di NTT satu diantranya di Amanuban Selatan.

Untuk di Baduy, Da’i Tangguh BMH, Suprianto bertugas memimpin pengelolaan Lumbung Ternak. Ia menjelaskan bahwa Kampung Mualaf Baduy memiliki potensi bagus peternakan, lahan luas hingga ada SDM nya.

“Kampung ini berpotensi untuk jadi Lumbung Ternak. Pertama, lahan cukup luas. Bisa juga langsung untuk menanam pakan ternaknya. Selain itu, masyarakat mualaf di sini bisa kita berdayakan langsung dengan memperkerjakan mereka,” ucap ustadznya para mualaf Baduy ini.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Supendi (Direktur Utama BMH Pusat), Imam Nawawi (Kepala Humas BMH Pusat), BMH Banten, warga mualaf Baduy, dan hadir juga Maman Suherman (Penulis, influencer kebaikan).



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan