Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 26 April 2024
home community detail berita

Sambut Ramadhan 2023, BMH Gelar Public Expose

Muhajirin Sabtu, 18 Maret 2023 - 22:20 WIB
Sambut Ramadhan 2023, BMH Gelar Public Expose
Acara Public Expose Sambut Ramadhan (Foto: Istimewa)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Baitul Maal Hidayatullah (BMH) kembali menggelar acara Public Expose yang bertujuan untuk memperlihatkan bukti nyata kebaikan yang telah dilakukan oleh BMH sepanjang tahun ini. Acara tersebut digelar untuk menyambut bulan Suci Ramadhan 1444 H.

BMH mengangkat tema "Bukti Nyata Kebaikan". Pengambilan tema ini karena dua alasan utama. Pertama, pada 2022, bersama Laznas BMH umat Islam telah hadirkan begitu banyak kebaikan, meski kala itu suasana pandemi masih menyelimuti negeri.

Kedua, sekalipun pandemi telah pergi pada 2023, Indonesia masuk ancaman resesi yang banyak menjadikan ekonomi berbagai negara dalam kondisi lesu, bahkan mungkin gelap.

Baca Juga: Awal Ramadhan Bisa Serentak tapi Idul Fitri Beda-Beda

“Dalam kondisi inilah ‘Bukti Nyata Kebaikan’ yang telah ditorehkan secara sinergi dan kolaborasi pada 2022 dan tahun-tahun sebelumnya penting menjadi kesabaran, spirit dan gerakan kolaboratif untuk mengisi 2023 dengan kebaikan yang lebih kongkret, lebih luas dan lebih berkelanjutan,” kata Direktur Utama BMH, Supendi, dalam Public Expose Ramdhan 2023, Kamis (16/3/2023).

Supendi menjelaskan, fenomena menarik ketika pandemi, soal penghimpunan zakat yang bukannya menurun, justru mengalami kenaikan yang signifikan. Masyarakat berlomba-lomba untuk memberikan bantuan dan uluran tangan.

“Termasuk lembaga amil zakat, dalam masa pandemi, justru mengalami penghimpunan signifikan. Amanah kebaikan dari umat disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” ujar Supendi.

Baca Juga: Awal Ramadhan Kerap Berbeda, Ini Solusi BRIN

Upaya ini Laznas BMH hadirkan dengan melakukan public expose yang dirangkai dengan literasi zakat dengan mengundang pihak-pihak kompeten untuk menajamkan literasi umat akan peran strategis zakat.

Dalam acara ini hadir, beberapa narasumber diantaranya Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Tarmizi Tohor; Deputi Penghimpunan Baznas, Arifin Purwakananta; Maman Suherman, penulis best seller Indonesia; Ketua Pengurus Laznas BMH, Firman; Direktur Utama Laznas BMH, Supendi; dan Direktur Penghimpunan Laznas BMH, Tri Winarno.

Dalam public expose kali ini Laznas BMH juga akan memberikan laporan secara terbuka kepada publik perihal kiprah dan kinerja Laznas BMH selama ini. Mulai dari laporan keuangan, annual report, hingga program yang berlangsung pada tahun 2022 dan yang akan diusung pada Tahun 2023, terutama pada bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Sarung Bordir Diprediksi Jadi Tren di Ramadhan Tahun Ini

Helatan ini juga akan launching gerakan "Ramadhan 1444 H, Bukti Nyata Kebaikan" guna mengokohkan peran sentral Laznas BMH dalam kiprah dakwah dan pendidikan, utamanya di titik-titik pedalaman NKRI.

“Laznas BMH dalam menjalankan programnya, selalu bekerjasama dengan pihak lain seperti pemerintah, swasta maupun masyarakat,” ujar Supendi.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 26 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan