Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Orang Tua Wajib Tahu 4 Cara Sederhana Agar Anak Mencintai Salat

esti setiyowati Kamis, 13 Juli 2023 - 05:00 WIB
Orang Tua Wajib Tahu 4 Cara Sederhana Agar Anak Mencintai Salat
Salat lima waktu merupakan rukun Islam kedua yang wajib dijalankan setiap muslim.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Salat lima waktu merupakan rukun Islam kedua yang wajib dijalankan setiap muslim. Selain itu, salat adalah salah satu amalan yang bakal diminta pertanggungjawabannya di hari akhir.

Sebab itu, orang tua harus mengenalkan salat pada anak sejak usia dini. Sehingga nanti saat dewasa, mereka sudah terbiasa menjalankan semua perintah agama.

Rasulullah memberi batasan waktu yang tepat untuk mengenalkan salat pada anak, yaitu pada usia 7 tahun. Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda,

Perintahkanlah salat anak-anak kalian yang sudah berumur tujuh tahun. Dan pukulah mereka karena meninggalkannya ketika telah berumur 10 tahun, serta pisahkanlah antara mereka di tempat tidurnya. (Diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan sanad yang Hasan).

Baca juga:Esensi Hijrah Itu Perubahan

Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Buya Yahya, usia 7 tahun adalah masa yang tepat untuk mengajarkan anak shalat.

"Memang untuk anak usia 7-9 tahun yang belum baligh tidak wajib shalat. Namun wajib bagi orang tua untuk mengajarkan anak shalat," kata Buya Yahya dalam salah satu kajian, dikutip Rabu (12/7/2023).

Lalu, bagaimana cara mengenalkan anak tentang salat?

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan agar anak mengenal dan mencintai salat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat cara praktis agar anak tertarik untuk mengerjakan salat

1. Menempel papan waktu salat
Cara paling mudah yang bisa dilakukan dengan menempel jadwal waktu salat di dinding rumah. Ajak anak untuk membuat papan waktu salat bersama. Selain melatih kemampuan motorik, cara ini sekaligus mengenalkan waktu salat 5 waktu pada anak.

2. Ajak anak terlibat
Anak menyukai saat dilibatkan orang tua, termasuk mengingatkan waktu salat pada anggota keluarga lain. Ajak anak untuk mengingatkan orang tua atau saudara saat waktu salat tiba.

Kebiasaan ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dan perasaan dihargai.

3. Jadikan kebiasaan
Buat aturan dalam keluarga untuk salat berjamaah saat subuh atau maghrib. Lakukan kebiasaan ini secara rutin dan konsisten.

Selain membiasakan anak untuk salat, cara ini juga dapat mempererat hubungan orang tua dan anak.

4. Memberi pujian atau hadiah
Setiap anak berhasil mencapai sesuatu, tunjukkan rasa bangga Anda pada sang buah hati. Mengapresiasi tindakan anak dapat membuatnya termotivasi untuk melakukan prestasi lainnya, seperti mendirikan salat.

Cara lain dengan mengajak nonton ke bioskop atau jalan-jalan saat anak berhasil mengerjakan salat lima waktu. Biarkan anak memilih sendiri pilihan yang ditawarkan.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan