Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home masjid detail berita

Doa Jemaah Haji Pulang dari Tanah Suci Makbul hingga 40 Hari

tim langit 7 Senin, 17 Juli 2023 - 09:15 WIB
Doa Jemaah Haji Pulang dari Tanah Suci Makbul hingga 40 Hari
Doa jemaah haji makbul hingga 40 hari.Foto/ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Tradisi masyarakat mendatangi orang yang baru datang melaksanakan haji sering ditemui di di masyarakat. Tradisi demikian bukan tanpa dasar.

Dalam Islam, memang ada anjuran bagi orang yang belum berhaji untuk meminta doa ampunan kepada orang-orang baru pulang dari Tanah Suci, melaksanakan rukun Islam yang kelima.

Mereka yang telah menyandang gelar haji ini pun dianjurkan mendoakan, bahkan meskipun tidak dimintanya.

Ustadz Alhafiz Kurniawan melalui artikelnya NU Online Tradisi Menyambangi Orang Baru Pulang Haji menjelaskan bahwa waktu mendoakan orang-orang yang belum dapat melaksanakan ibadah haji hingga 40 hari.

Baca juga:Reshuffle Kabinet, Jokowi Dikabarkan Lantik Menteri Hari Ini

"Praktik bersilaturahim atau menyambangi orang yang baru pulang dari haji untuk mengambil berkah dan meminta didoakan bukanlah praktik yang tak berdasar. Tetapi hal ini telah dijelaskan oleh para ulama terdahulu," tulis Ustadz Alhafiz.

Penjelasan Ustadz Alhafiz ini mengutip sebuah keterangan dalam kitab Hasyiyah Qaliyubi yang ditulis oleh Syihabuddin al-Qaliyubi salah satu ulama kenamaan dari mazhab Syafi’i. Para ulama menyebutkan bahwa 40 hari ini dihitung sejak kedatangannya.

"Dan disunahkan bagi orang yang berhaji untuk mendoakan kepada orang (yang tidak berhaji) dengan ampunan meskipun orang tersebut tidak meminta. Dan bagi orang yang tidak berhaji hendaknya meminta didoakan oleh dia. Para ulama menyebutkan bahwa doa tersebut sampai 40 hari dari kedatangannya," demikian arti dari penjelasan yang dikutip Ustadz Alhafiz dari kitab Hasyiyah Qaliyubi ‘ala Syarhi Jalaliddin al-Mahali ditulis Syihabuddin al-Qaliyubi.

Sementara itu, Muhamad Abror, dalam tulisan NU Online Anjuran Minta Doa kepada Jamaah Haji yang Baru Pulang ke Tanah Air menjelaskan bahwa seorang Muslim yang baru saja menunaikan rukun Islam yang kelima terbebas dari dosa, seperti bayi yang baru lahir di dunia sehingga doanya mudah dikabulkan. Sebagaimana hadits riwayat Bukhari, Muslim, An-Nasai, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ مَنْ حَجَّ فَلَمْ يَرْفُثْ وَلَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

Artinya, "Siapa saja yang berhaji, lalu tidak berkata keji dan tidak berbuat dosa, niscaya ia pulang (suci) seperti hari dilahirkan oleh ibunya."

Dalam redaksi yang lebih tegas, Rasulullah saw bersabda:

الْغَازِي فِي سَبِيلِ اللهِ، وَالْحَاجُّ وَالْمُعْتَمِرُ، وَفْدُ اللهِ، دَعَاهُمْ، فَأَجَابُوهُ، وَسَأَلُوهُ، فَأَعْطَاهُمْ

Artinya, "Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang beribadah haji, dan orang yang sedang umrah adalah tamu kehormatan Allah. Allah memanggil mereka, kemudian mereka memenuhi panggilan itu. Sehingga jika mereka memohon kepada Allah, maka Allah akan memberinya." (HR Ibnu Majah).

Berangkat dari penjelasan singkat ini maka sebenarnya praktik menyambangi atau bersilaturahmi kepada orang yang baru pulang dari haji dalam rangka untuk meminta didoakan dan mencari keberkahan adalah sesuatu yang baik dan dianjurkan sebagaimana keterangan di atas.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan