Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home masjid detail berita

Pentingnya Pemetaan Mustahik untuk Pemerataan Distribusi Zakat

tim langit 7 Kamis, 31 Agustus 2023 - 22:00 WIB
Pentingnya Pemetaan Mustahik untuk Pemerataan Distribusi Zakat
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Potensi zakat di Indonesia mencapai ratusan triliun, meski proses penghimpunannya belum optimal. Selain masalah penghimpunan, pengelolaan juga berkaitan dengan masalah distribusi.

Menurut Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Waryono Abdul Ghafur, dalam pengelolaan zakat sangat diperlukan pemetaan mustahik (penerima zakat) agar proses distribusi lebih tepat dan merata.

"Pemetaan mustahik sangat diperlukan demi pemerataan distribusi zakat di seluruh Indonesia," ujar Waryono, dikutip Kamis (31/8/2023).

Baca juga:Antisipasi Visa Terlambat, Kemenag Siapkan Dokumen Jamaah Haji 2024 Lebih Awal

Waryono mengungkapkan, upaya pemetaan mustahik dan pemerataan distribusi zakat ini dapat dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah. Prosesnya bisa memanfaatkan data pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

“Orientasi pembagian zakat bisa dikoordinasikan bersama Pemerintah Daerah dengan mendorong ke SIAK. BAZNAS, LAZ, dan UPZ juga perlu menggunakan peta mustahik,” ucapnya.

Direktur Bidang Keuangan Inklusif, Dana Sosial Keagamaan, dan Keuangan Mikro Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ahmad Juwaini menyampaikan, zakat perlu disalurkan untuk pengentasan stunting dan kemiskinan ekstrem.

Hal itu sesuai dengan instruksi Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin. “Kita perlu mendorong optimalisasi pemanfaatan zakat untuk pengentasan kemiskinan ekstrem dan stunting,” tutur Juwaini.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan