Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Koleksi Rok Mini Bendera Arab Saudi Dikecam, Sang Desainer Minta Maaf

esti setiyowati Selasa, 19 September 2023 - 17:00 WIB
Koleksi Rok Mini Bendera Arab Saudi Dikecam, Sang Desainer Minta Maaf
Bendera Arab Saudi.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Jenama fesyen Mowalola akhirnya memutuskan menarik rok mini berbendera Saudi dari koleksinya usai kecaman secara online.

Sebelumnya, Mowalola memamerkan koleksi Spring 2024 di London Fashion Week, Sabtu (16/9/2023) waktu setempat. Koleksi tersebut menjadi viral dan menuai kontroversi karena merilis rok mini menggunakan desain bendera Arab Saudi.

Pengguna media sosial sontak mengecam desain rok dengan tulisan kalimat syahadat tersebut. Mereka menilai rok koleksi Mowalola tersebut tidak sopan.

Selain bendera Arab Saudi, rok yang dirilis Mowalola juga menampilkan bendera negara lain. Hanya saja, banyak yang mengatakan sebaiknya bendera Arab Saudi tidak perlu digunakan karena ada kalimat syahadat, pengakuan keimanan umat Islam, yang memiliki arti "Tidak ada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah".

“Saya sama sekali tidak beragama, tapi ini sangat tidak sopan. Mengetahui bahwa bendera Saudi bertuliskan kata Allah di atasnya dan mereka menggunakannya sebagai rok mini yang provokatif menunjukkan betapa tidak tahu malunya industri fesyen terhadap agama. dari segala jenis," kata salah satu pengguna media sosial, dikutip dari Middle East Eye, Selasa (19/0/2023).

Baca juga:6 Tren yang Diproyeksi Bakal Mendominasi Dunia Fesyen Tahun Depan

Sementara warganet lain mempertanyakan maksud dari sang perancang busana. Mereka meminta untuk menghapus rok tersebut dari koleksinya.

Semula sang desainer mencoba bertahan pada koleksinya itu, namun kecaman terus berlanjut.

“Ada alasan mengapa Saudi tidak mengibarkan benderanya di seluruh negeri. Ini berisi Syahadat [pengakuan iman Islam]. Saudi memiliki serangkaian undang-undang hanya untuk bendera. Bendera harus dicetak di kedua sisi dan dilipat, dibersihkan. dan menghancurkan semuanya dengan cara tertentu. Mengenakannya pada rok adalah tindakan yang tidak sopan," tulis salah satu pengguna media sosial sebagai tanggapan.

Mowalola Ogunlesi, sang desainer, akhirnya meminta maaf atas koleksi rok yang menuai hujatan itu. Melalui media sosial X, semula bernama Twitter, ia berjanji untuk menghapus desain tersebut dari koleksinya.

“Salah satu inspirasi utama saya untuk SS24 adalah penggunaan bendera nasional dari berbagai negara. Setelah pertunjukan, saya menemukan bahwa salah satu bendera ini – Arab Saudi – menampilkan kata-kata suci, dan penggunaannya telah menimbulkan kebencian yang besar. Sekarang saya belahar dari kejadian ini, saya dengan tulus meminta maaf," tulisnya.

"Saya akan memastikan desain ini dihapus dari koleksi. Saya sangat menyesali segala kerugian atau pelanggaran yang mungkin ditimbulkan oleh kelalaian saya. Terima kasih telah meminta pertanggungjawaban saya, dan saya menghargai pengertian Anda saat saya belajar dari pengalaman ini." lanjutnya.

Mowalola Ogunlesi adalah perancang busana kelahiran Nigeria yang tinggal di London. Ia dikenal sebagai perancang yang menggunakan berbagai macam tekstur dan bahan dalam desainnya, yang dipakai untuk menciptakan tampilan non-tradisional yang terinspirasi oleh budaya anak muda.

Ogunlesi memiliki lebih dari 300.000 pengikut Instagram, tempat ia membagikan foto rol tersebut di ceritanya.

Ini bukan pertama kalinya sebuah merek festen mendapat kecaman karena menampilkan teks keagamaan pada pakaiannya.

Di awal tahun, PayPal Melbourne Fashion Festival mengeluarkan permintaan maaf setelah dikecam selebgram keturunan Eritrea-Australia karena menampilkan teks keagamaan pada pakaian mereka.

Mona Khalifa, model dan influencer yang berbasis di Melbourne, melalui media sosial mengecam label fesyen Not A Man's Dream atas pakaian tipis yang dicetak dengan tulisan "Tuhan berjalan bersamaku" dalam bahasa Arab.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan