Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home wirausaha syariah detail berita

Rahasia Sukses Bisnis HJ Karpet: Niat Lurus dan Melibatkan Banyak Orang

esti setiyowati Sabtu, 23 September 2023 - 15:24 WIB
Rahasia Sukses Bisnis HJ Karpet: Niat Lurus dan Melibatkan Banyak Orang
Owner HJ Karpet, Heru Purnomo saat seminar motivasi bisnis.Foto/dok pribadi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Modal seringkali dianggap sebagai momok bagi pemula dalam dunia bisnis. Namun bukan berarti memulai usaha tanpa modal adalah hal yang mustahil.

Pemilik HJ Karpet, Heru Purnomo adalah bukti memulai usaha tanpa modal sama sekali. Melalui video yang diunggah di kanal YouTube miliknya, Heru berbagi tips sukses menjalani bisnis dari nol.

Menurut Heru, syarat utama untuk berhasil di dunia bisnis adalah terus mencoba dan tidak takut gagal.

"Kenapa kita harus takut mencoba?" kata pria yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdliyin ini, dikutip Sabtu (23/9/2023).

"Mulai dari yang apa yang kita punya dan bisa. Jadi saya mulai (usaha) dari pinggir jalan. Mulai dari modal orang, sistem arisan. Bahwa bisnis tanpa modal ternyata bisa," lanjutnya.

Baca juga:Kisah Ahmad Yudianto, Guru Besar Unair yang 18 Tahun Jadi Dokter Forensik

Setelah bisnis mulai berjalan, lanjut Heru, mulailah membuat sistem.

"Bisnis itu yang penting jalanin saja dulu. Gagal, jalani lagi. Gagal, jalani lagi. Begitu bisnis sudah berjalan baru kita bentuk sistem, ada bagian keuangan, pengiriman, pembelian, dan sebagainya," terang Heru.

Kemudian, luruskan niat bisnis untuk tujuan mulia seperti menciptakan peluang usaha bagi orang lain. Hal tersebut dialami Heru saat mengakuisisi pabrik karpet namun tak berjalan sesuai target.

Pria yang berdomisili di Bekasi ini pun berdoa pada Allah SWT untuk mencari jalan keluar. Ia pun yakin pertolongan Allah Ta'ala akan datang padanya.

"Uang yang ada di tabungan tersisa Rp5 juta, sedangkan gaji yang harus dibayarkan Rp50 juta. Ya sudah uang yang Rp5 juta ini kita sedekahkan saja. Kita yakinlah nanti Allah akan kasih pertolongan terbaik," kata Heru.

Tanpa diduga, doa Heru dijawab Allah SWT dengan datangnya pertolongan modal dari rekannya sebesar Rp500 juta.

Selanjutnya, lanjut Heru, mulai bisnis dengan melibatkan banyak orang. Dan ubah pola pikir, yaitu mengubah mental miskin jadi kaya.

"Dengan mental kaya ini kita jadi siap menjadi orang kata. Mentalnya dulu. Mental orang kaya itu apa? Mental memberi. Karena banyak orang kaya yang mentalnya masih mental miskin," imbuh Heru.

Tips lain untuk sukses dalam berbisnis adalah bermimpi.

"Bermimpi ini penting sekali. Ini yang akan menjadikan kita semangat hidup. Kita punya tujuan. Kita punya mimpi," pungkasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan