Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home global news detail berita

Ekspedisi Rupiah Berdaulat, Bank Indonesia Bawa Uang Rp7,7 Miliar ke Daerah 3T

tim langit 7 Jum'at, 06 Oktober 2023 - 22:00 WIB
Ekspedisi Rupiah Berdaulat, Bank Indonesia Bawa Uang Rp7,7 Miliar ke Daerah 3T
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Bank Indonesia Kantor Wilayah Jawa Timur kembali menggelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB). Bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut, ERB dilakukan 7-12 Oktober 2023 menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Surabaya 591.

Selama enam hari, tim BI Jatim dan TNI AL Koarmada II akan berlayar ke daerah 3T ( terluar, terdepan dan terpencil) di Pulau Madura.

“Ini sudah sering kami lakukan dan di tahun ini kami gelar kembali,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim, Doddy Zulverdi saat Bincang Bareng Media (BBM) di Surabaya, Kamis (5/10/2023).

Deputi Kepala BI Jatim, Bandoe Widiarto menambahkan kegiatan ini bagian dari implementasi kerjasama BI Pusat dengan Mabes TNI AL.

“Ada lima pulau yang kami akan kunjungi yakni Pagerungan Besar, Pagerungan Kecil, Tanjung Kiaok, Kepulauan Raas dan Gili Genting,” jelas Bandoe.

Dikatakan Bandoe, ada tiga kegiatan utama di masing-masing pulau yang dikunjungi. Yakni penukaran uang rupiah pecahan kecil yang sudah rusak untuk diganti dengan yang baru. Lalu edukasi terkait deteksi uang palsu dengan cara 3D (dilihat, diraba, ditrawang).

Target setiap pulau ada 50 orang dari masyarakat umum dan anak sekolah. “Dan kegiatan ketiga adalah pemberian bantuan sosial bekerjasama dengan Baznas,” tutur Bandoe.

Untuk penukaran uang, BI Jatim akan membawa Rp 7,7 miliar uang tunai yang lebih banyak uang pecahan Rp 20 ribu ke bawah. “Pecahan itu yang banyak rusak karena sering dipakai transaksi,” tandas Bandoe.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan