Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 03 Mei 2024
home global news detail berita

35 Pasangan WNI Ikuti Nikah Massal di Taipei Taiwan

tim langit 7 Senin, 09 Oktober 2023 - 06:00 WIB
35 Pasangan WNI Ikuti Nikah Massal di Taipei Taiwan
Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kemenag bersama Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei membantu nikah massal 35 pasangan WNI di Taiwan.Foto/dok KDEI Taip
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Sebanyak 35 pasangan mengikuti nikah massal warga negara Indonesia (WNI) di Taipei, Taiwan, Minggu (9/10/2023).

Acara nikah massal ini diselenggarakan Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) bersama Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei

"Ada 35 pasangan yang akan menikah besok. Kementerian Agama bersama KDEI Taipei akan memfasilitasi mereka dan akan memberi kartu nikah secara langsung," ujar Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Zainal Mustamin.

Menurutnya, warga negara Indonesia yang berada di luar negeri juga harus mendapat hak-haknya, termasuk menikah.

"Pemerintah bersama stakeholder lainnya akan berusaha memfasilitasi seluruh warga Indonesia di mana pun untuk menikah. Kita menerbitkan dokumen nikahnya sama seperti yang ada di KUA di Indonesia," ungkapnya.

Zainal mengungkapkan, meski menikah di luar negeri, keaslian dokumen pengantin tetap menjadi perhatian utama. Dokumen yang digunakan adalah dokumen yang legal.

"Meski berada di luar negeri, dokumen-dokumen persyaratan pernikahan dan isbat nikah tetap harus benar dan sesuai," jelasnya.

Sementara itu, Kasubdit Bina Kepenghuluan, Anwar menyampaikan, kartu nikah yang digunakan di KDEI Taipei tersebut sama dengan yang digunakan di seluruh KUA di Indonesia. Kartu nikah tersebut, sudah ter-input dalam Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) yang dikelola Kementerian Agama.

"Kartu nikah yang dikeluarkan ter-input di SIMKAH yang digunakan oleh KUA seluruh Indonesia," terangnya.

Anwar mengatakan, layanan nikah massal tersebut disambut baik warga Indonesia di Taipei.

"Teman-teman di Taiwan sangat seneng mendapat pelayanan nikah di luar negeri," tandasnya.

Kepala KDEI Taipei, Iqbal S. Sofwan menyampaikan, antusias masyarakat Indonesia untuk menikah di Taipei sangat tinggi. "Banyak yang mau ikut (layanan nikah massal di Taipei), tapi karena sumber daya KDEI terbatas, baru difasilitasi 35 pasangan," pungkasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 03 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan